KOMENTAR

PERUSAHAAN startup (start-up) punya tantangan tersendiri dalam membangun dan mengembangkan brand di pasar yang kompetitif.

Ada strategi tak terlihat namun sangat berpengaruh, yakni strategi kehumasan atau public relations (PR). Dengan memanfaatkan kekuatan PR, startup dapat mencapai tujuan bisnis dan membedakan diri dengan kompetitor. 

Ada sejumlah peran penting yang bisa dimainkan oleh PR, yakni membangun citra perusahaan, memperluas jaringan dan menciptakan hubungan yang baik dengan stakeholder atau pemangku kepentingan.

"Menciptakan kesadaran merek atau brand awareness menjadi salah satu prioritas utama di fase awal perusahaan startup. Menciptakan kesadaran merek bisa dilakukan melalui strategi hubungan media. Melalui kerja sama dengan media, PR dapat membantu perusahaan startup mendapatkan liputan pers yang positif. Berita dan artikel tentang perusahaan, produk, atau inovasi dari startup itu sendiri akan membantu meningkatkan visibilitas di mata konsumen potensial," ungkap Senior PR Manager startup Insurtech Fuse, Nikky Sirait, dalam sebuah diskusi di Denpasar, Bali, akhir pekan lalu.

Setelah brand awareness mulai terbentuk, membangun citra positif adalah aspek penting. PR membantu perusahaan startup dalam merumuskan pesan yang konsisten dan mencerminkan nilai-nilai dan visi perusahaan. Melalui penggunaan narasi yang kuat, PR dapat membentuk persepsi positif terhadap perusahaan dan produknya. 

Engagement atau keterlibatan masyarakat juga perlu dijalin. Dengan mengadakan acara atau kegiatan sosial, PR dapat membantu perusahaan startup terlibat dengan komunitas lokal dan menciptakan hubungan yang kuat dengan para pemangku kepentingan.

"Tidak hanya keterlibatan masyarakat, engagement media sosial juga perlu dibangun. PR berperan dalam memanfaatkan kekuatan media sosial untuk membangun engagement dan memperluas jangkauan startup. Dengan mempublikasikan konten yang relevan dan menarik, PR dapat menciptakan hubungan yang berkelanjutan dengan audiens dan memperkuat citra merek," ujar Nikky.

"Kerja-kerja PR membutuhkan ketekunan dan kreativitas. Tidak ada jalan pintas, yang ada adalah proses yang berkelanjutan. Dengan mengaplikasikan strategi PR dengan matang, perusahaan startup dapat mencapai tujuan bisnis, memperluas pangsa pasar, dan membangun pondasi yang solid untuk pertumbuhan jangka panjang," pungkasnya.




Bali Tawarkan Pariwisata Baru Kolaborasi Seni, Budaya, dan Inovasi

Sebelumnya

Festival Balon Udara 2024 di Wonosobo, Suguhkan Langit Cappadocia Khas Indonesia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Horizon