Miniatur kereta cepat Jakarta-Bandung/Net
Miniatur kereta cepat Jakarta-Bandung/Net
KOMENTAR

KERETA Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) yang telah digaungkan sejak setahun lalu, sepertinya batal diperasikan tahun ini. Sebelumnya, kereta cepat itu ditargetkan akan beroperasi pada 18 Agustus 2023.

Mengutip dokumen internal yang diungkap Reuters, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama tiga konsultan menolak meluluskan izin operasi komersial sesuai jadwal yang ditentukan. Mereka justru menyodorkan jadwal baru, yaitu Januari 2024.

Kembali mengutip dokumen 48 halaman ini, Reuters menulis ada masalah baru yang ditemukan. Permasalahan itu membuat konsorsium China menginginkan sertifikat kelayanan operasional penuh, meskipun stasiun di jalur yang dilintasi ada yang belum siap disinggahi.

Sejauh ini, Stasiun Karawang memang belum siap digunakan. Jalan akses penumpang dari dan ke stasiun juga belum terbangun. Stasiun tersebut merupakan salah satu dari empat stasiun KCJB. Tiga lainnya adalah Stasiun Halim, Stasiun Padalarang, dan Stasiun Tegalluar, yang berfungsi sebagai depo.

Namun kabar ini langsung dibantah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Pandjaitan. Ia memastikan operasional KCJB tidak akan diundur.

Luhut meyakinkan, proyek yang dipimpinnya ini sudah akan rampung dan siap untuk dilakukan uji coba pada jadwal yang ditetapkan, yaitu pertengahan bulan ini.

“Sudah hampir semua selesai. Kita akan lihat kereta api cepat ini. Nggap pernah diundur, nggak ada undur-undur. Saya belum dengar. Kita tetap tanggal 14 akan uji coba,” tegas Luhut usai rapat dengan Badan Anggaran DPR RI di Senayan, Jumat (9/6).

Dia kembali menjelaskan, pihaknya akan melakukan uji coba kecepatan kereta hingga 300 kilometer per jam pada pertengahan Juni ini. Bahkan, dirinya mengajak anggota Banggar DPR RI untuk ikut serta menjajal kereta cepat ini.

Baru kemudian, pada September usai periode soft launching berakhir, kereta yang menghubungkan Stasiun Halim ke Stasiun Padalarang, Bandung Barat ini akan beroperasi secara komersil.

Kereta cepat ini dijadwalkan beroperasi secara komersial pada 18 Agustus 2023, sebagai hadiah untuk Hari Kemerdekaan RI.




Rakerkesnas 2024, Presiden: Indonesia Harus Bisa Manfaatkan Bonus Demografi

Sebelumnya

Tak Lagi Berstatus Ibu Kota, Jakarta Siap Melesat Jadi Pusat Perdagangan Dunia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News