Pembukaan Unpad Halal Expo (7/6/23)/ Ist.
Pembukaan Unpad Halal Expo (7/6/23)/ Ist.
KOMENTAR

FAKULTAS  Ekonomi & Bisnis Universitas Padjadjaran berkolaborasi dengan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) dan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) menggelar Unpad Halal Expo pada 7-8 Juni 2023 bertempat di Bale Santika, Universitas Padjajaran, Jatinangor.

Sehubungan dengan kegiatan yang mengambil tema “Exploring The Halal Lifestyle: Building The Sustainable Halal Ecosystem” ini, Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) berpendapat bahwa ekonomi syariah di Jawa Barat berpotensi untuk berkembang pesat.

Diketahui bahwa Jawa Barat merupakan salah satu provinsi dengan pertumbuhan ekonomi tinggi di Indonesia. Bahkan di tahun 2021, pertumbuhan ekonomi Jawa Barat mencapai 5,36 persen, tumbuh signifikan meskipun di tengah pandemi COVID-19.

Kondisi tersebut didukung ekonomi syariah Jawa Barat yang juga tumbuh positif. Menurut data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), jumlah perusahaan dan produk keuangan syariah di Jawa Barat kian meningkat. Diketahui kini ada lebih dari 200 perusahaan keuangan syariah yang beroperasi di provinsi yang dipimpin Gubernur Ridwan Kamil ini.

Meski demikian, masih banyak tantangan yang harus dihadapi. Salah satunya adalah masih minimnya literasi tentang ekonomi syariah serta kurangnya dukungan pemerintah dan lembaga keuangan konvensional.

“Di sisi lain, Jawa Barat menyimpan potensi besar dalam pengembangan ekonomi syariah terutama dengan adanya program-program pemerintah dalam mendorong pengembangan ekonomi dan keuangan syariah,” ujar Wasekjen MES Teguh Santosa kepada Farah.id, Rabu (7/6/2023).

Menurut Wasekjen MES yang juga wartawan senior Indonesia itu, Jawa Barat juga memiliki potensi besar dalam pengembangan sektor pariwisata halal dan pertanian. Jawa Barat menjadi destinasi wisata halal yang populer, dengan banyaknya hotel dan restoran halal di daerah ini.

Tak hanya sektor pariwisata, Jawa Barat juga memiliki potensi ekonomi berbasis pesantren yang sangat besar. Pesantren di Jawa Barat terbukti telah menjadi pusat pendidikan dan pelatihan bagi ribuan pengusaha dan pekerja di sektor halal.

Pesantren memiliki peran penting dalam pembentukan karakter dan moral santri. Selain itu, pesantren juga memiliki potensi ekonomi yang dapat dikembangkan, seperti pendidikan, agroindustri, dan pariwisata.

MES berharap kegiatan Unpad Halal Expo menjadi ajang penting bagi pelaku industri halal di Jawa Barat untuk saling berkolaborasi, bertukar pengalaman, dan memperkenalkan produk-produk unggulan mereka.

“Saya yakin dengan semangat kolarobasi dan kerja sama yang kuat, kita semua dapat mempercepat pertumbuhan industri halal dan pemulihan ekonomi di Jawa Barat serta di Indonesia secara keseluruhan,” pungkas Teguh.




Pembatalan Kenaikan UKT oleh Menteri Nadiem Tidak Menyelesaikan Masalah

Sebelumnya

Menteri Nadiem Batalkan Kenaikan UKT

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News