Peresmian Indonesia Centre di Busan University Juni 2022/ Dok. Kemenlu RI
Peresmian Indonesia Centre di Busan University Juni 2022/ Dok. Kemenlu RI
KOMENTAR

KEDUTAAN Besar Republik Indonesia (KBRI) di Seoul, Korea Selatan berencana membuat mobil listrik bermotif batik sebagai sebuah cara memperingati 50 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Korea Selatan.

“Bukan sekadar mobil listrik, melainkan batik juga penting karena menjadi warisan budaya UNESCO yang perlu dipromosikan,” ujar Wakil Kepala Perwakilan KBRI Seoul Zelda Wulan, Selasa (30/5/2023) seperti dilaporkan ANTARA.

Mobil listrik bermotif batik Solo adalah hasil kerja sama Indonesia dengan perusahaan otomotif Korea Selatan yang siap dipamerkan dalam pameran otomotif di Indonesia pada pertengahan tahun ini.

Selain merayakan 50 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Korea yang terjalin sejak tahun 1973, pembuatan mobil listrik juga sejalan dengan komitmen Indonesia menuju transisi energi.

Sejak awal tahun 2023, KBRI Seoul telah menggelar sejumlah acara menjelang peringatan 50 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Korea. Salah satunya yaitu Festival Indonesia di Busan bekerja sama dengan Busan University of Foreign Studies.

Tak hanya menggelar kegiatan, KBRI Seoul juga fokus membangun Indonesia Centre, sebagai tempat bagi warga Korea Selatan mempelajari budaya Nusantara. Indonesia Centre akan dibangun di berbagai kota di Korea Selatan, setelah yang pertama dibangun di kota Busan, tepatnya di Busan University.




Hadiri Pertemuan WIPO di Jenewa, Menparekraf Sandiaga Uno: Indonesia Punya Potensi Kekayaan Intelektual yang Sarat Tradisi dan Kearifan Lokal

Sebelumnya

Dari Kampung Zakat Hingga Kota Wakaf, Kementerian Agama RI Terus Optimalkan Pemberdayaan Ekonomi Umat

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News