Ibu Iriana Jokowi bersama Ibu Negara Iran Jamileh Alamolhoda/ Dok. Muhammadiyah
Ibu Iriana Jokowi bersama Ibu Negara Iran Jamileh Alamolhoda/ Dok. Muhammadiyah
KOMENTAR

PIMPINAN Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Iran periode 2023-2025 Lisyati Fatimah menerjemahkan buku Teori Pendidikan Islam: Tinjauan Qur’ani dan Filosofis karya Ibu Negara Republik Islam Iran Jamileh Alamolhoda ke dalam bahasa Indonesia.

Peluncuran buku tersebut digelar di Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sadra, berbarengan dengan kunjungan kenegaraan Ibu Negara Iran, pada Selasa (23/5/2023).

Dalam momen istimewa tersebut, Ibu Negara Iran menghadiahkan buku setebal 600 halaman tersebut kepada Ibu Negara Indonesia Iriana Joko Widodo.

Lisyati Fatimah yang berstatus mahasiswa Doktor Pemikiran Islam Kontemporer di Mustafa International University, Tehran, Iran ini menjelaskan motivasinya menerjemahkan buku tersebut.

“Teori pendidikan Islam yang dipaparkan Alamolhoda menjelaskan tentang nilai filsafat pendidikan dalam Islam. Buku ini menghadirkan argumentasi kuat dengan ciri khas tradisi filsafat Islam yaitu hikmah muta’aliyah. Konsep tersebut belum dikenal luas di Indonesia, karena dunia pendidikan Indonesia selama ini lebih banyak mengadopsi konsep Barat,” ujar Fatimah.

Menurut Fatimah, buku karya Ibu Negara Iran tersebut sangat penting untuk dijadikan pegangan dalam dunia pendidikan di Tanah Air. Dan buku Teori Pendidikan Islam: Tinjauan Qur’ani dan Filosofis sebelumnya telah diterjemahkan ke dalam bahasa Arab dan bahasa Inggris.

Jamileh Alamolhoda menjelaskan bahwa teori pendidikan yang dibahas dalam bukunya tidak hanya memasukkan tinjauan Al-Qur’an tapi juga memuat sejumlah filosofi.




Menkes Budi: Deteksi Dini Kanker Bisa Dilakukan di Puskesmas

Sebelumnya

Pentingnya Kesehatan Mental Ibu Melahirkan, RS Marzoeki Mahdi & King’s College London Hospital Tanda Tangani Kerja Sama

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News