Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

TIKET konser Coldplay terus diburu penggemarnya. Beberapa orang memilih menggunakan jasa titip (jastip) agar mendapatkan tiket. Tetapi, beberapa jastip justru memanfaatkan kesempatan itu untuk mengambil keuntungan.

Adalah pasangan suami istri (pasutri) ABF dan W yang diamankan pihak berwajib usai terlibat kasus penipuan mengatasnamakan jastip tiket Coldplay. Dari hasil tipu-tipu itu, pasutri ini berhasil meraup keuntungan sebesar Rp 257juta, dari 60 korbannya.

Menurut pengakuan tersangka, aksi ini baru pertama kali dilakukan. Alasannya untuk memenuhi kebutuhan ekonomi.

“Adapun kronologisnya, mereka ini selaku pelaku membuka website dengan nama @Fintrove_id, yang mana website ini adalah mereka beli dari Twitter. Jadi, mereka beli dari seseorang website ini,” jelas Diskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Auliansyah Lubis dalam jumpa persnya di Mapolda Metro Jaya, Senin (22/5).

Mengutip cuitan penyedia jastip @KetemuOppa, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tidak menjadi korban penipuan.

1, Tanyakan cara mendapatkan tiket

Ada beberapa jastip yang memakai cara manual (benar-benar war online/offline) atau otomatis (supplier/orang dalam). Jika mengantri offline, tanyakan jam antriannya karena ini berpengaruh pada presentase kesempatan mendapatkan tiket.

2. Cek T&C

Selanjutnya, cek T&C-nya. Tanyakan apakah bisa full refund atau tidak. Jika ya, berapa lama pengembaliannya. Tanyakan pula apakah ada grup yang bisa diikuti, bisa COD atau tidak, dan bisa dicicil atau tidak.

3. Cek fee jastip

Kemudian cek fee jastip, apakah sesuai dengan dana yang ada dan bandingkan antara keuntungan dan fee yang diminta. Misalnya, mereka minta fee Rp 350ribu. Mereka akan antre online pukul 11.00, sementara penjualan tiket pukul 10.00. Jika tiket tidak dapat, fee hangus. Kira-kira, worth it tidak ya?

4. Cek latar belakang jastip

Caranya, cek bukti-bukti tiket konser sebelumnya, cek review-review dari pelanggan, atau tanyakan langsung ke media sosial fan base untuk informasi tambahan.

5. Cek rekening jastip

Ketika kamu sudah mendapatkan nomor rekening jastip, silahkan cek ke http://cekrekening.com. Cari juga namanya di Google atau Twitter.

6. Cek admin

Periksa pula apakah adminnya ramah atau tidak, cepat merespon atau tidak, pemesanan order gampang atau justru berbelit-belit. Jangan malu bertanya, daripada tiba-tiba tiket sold out tetapi DP tidak bisa dikembalikan.

7. Tanyakan ID sebagai jaminan

Ini bisa dilakukan jika tiket konser harganya sangat mahal. ID sendiri berfungsi agar kamu merasa aman saja. Tapi, mintanya sebelum kamu transfer pembayaran tiket, ya.

8. Minta real time screenshot

Kalau tiket sudah ready dan ada e-vouchernya, coba minta real time screenshot. Sekarang sudah banyak group section, jadi tanyakan apa nomor tersebut sudah ada yang punya atau belum.

Intinya, jangan mudah percaya dengan fee yang murah atau iming-iming lainnya, ya!




Finansial Antijebol PascaLebaran, Ini Tips dari OJK

Sebelumnya

4 Tips Aman dan Nyaman Berwisata Saat Libur Lebaran

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Family