Dr Geeta Rao Gupta akan memainkan peran barunya sebagai Duta Besar untuk permasalahan perempuan dan anak perempuan secara global/Net
Dr Geeta Rao Gupta akan memainkan peran barunya sebagai Duta Besar untuk permasalahan perempuan dan anak perempuan secara global/Net
KOMENTAR

KEPEDULIAN akan hak-hak serta perlindungan perempuan dan anak semakin gencar dilakukan. Presiden Amerika Serikat Joe Biden, menunjukkan kepeduliannya terhadap hal itu. Ia kemudian menominasikan dan menunjuk Dr Geeta Rao Gupta, seorang India-Amerika, untuk menempati posisi Duta Besar Kantor Masalah Perempuan Global.

“Dr Geeta Rao Gupta telah dikonfirmasi oleh Senat AS sebagai Duta Besar untuk Kantor Masalah Perempuan Global di Departemen Luar Negeri. @StateDept menantikan upayanya untuk mempromosikan hak-hak perempuan dan anak perempuan melalui kebijakan luar negeri AS,” kicau Kantor Sekretaris dari Isu Perempuan Global.

Wakil Presiden Senior Yayasan PBB Peter Yeo mengatakan, penunjukan Dr Gupta menunjukkan komitmen AS terhadap kesetaraan gender pada saat hak asasi dan kesejahteraan dasar perempuan begitu terancam.

“Dr Gupta adalah pemimpin yang sangat dikagumi. Pengalamannya Dalam bidang prioritas dari masalah kantor Wanita Global juga sangat luas. Ini adalah peran penting bagi kepemimpinan global AS dan saya yakin ia akan menjalankannya dengan baik,” kata Wakil Presiden Strategi Anak Perempuan dan Wanita Yayasan PBB Michelle Milford Morse.

Di awal pekan, hasil nominasi menunjukkan Dr Geeta Gupta telah menerima konfirmasi dengan suara 51 banding 47.

Lalu, siapakah Dr Geeta Gupta?

Dr Geeta Gupta dikenal sebagai pemimpin dalam mempromosikan kesetaraan gender dan keamanan ekonomi perempuan. Departemen Luar Negeri AS sendiri menyambut baik penunjukannya.

Dukungan tersebut ditunjukkan dari tweet resmi Departemen Luar Negeri AS, yang berbunyi: “Menantikan upayanya untuk mempromosikan hak-hak perempuan dan anak perempuan melalui kebijakan luar negeri AS.”

Selain keaktifannya di Departemen Luar Negeri AS, Gupta juga bekerja untuk PBB, yaitu sebagai Direktur Eksekutif Program 3D Yayasan PBB untuk Anak Perempuan dan Wanita.

Dia juga menjadi penasihat UNAIDS Global Coalition on Women and AIDS dan berada di dewan InterAction dan Moriah Fund. Serta ketua Bersama Satuan Tugas Proyek Milenium PBB untuk Pendidikan dan Kesetaraan Gender.

Keahlian Gupya di bidang gender dan pembangunan sudah dilakukannya sejak beberapa decade. Ia bertugas di komiye pengawas untuk Program Darurat Kesehatan WHO dan menjadi ketua Bersama Satuan Tugas Kekerasan Berbasis Gender Global Bank Dunia.

Gupta juga pernah menjabat sebagai Presiden International Center for Research on Women dan telah menerima banyak penghargaan, termasuk Anne Roe Award 2006 dari Universitas Harvard dan penghargaan Women Who Mean Business (2007) dari Washington Business Journal.

Gupta sendiri memiliki gelar PhD dari Psikologi Sosial Universitas Bangalore India. Juga gelar MPhil dan MA dari Universitas Delhi. Pengalamannya di bidang permasalahan global perempuan dan anak ini menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk memajukan hak-hak perempuan secara global.




Tina Rahimi, Petinju Berhijab Pertama dari Australia yang Melaju ke Olimpiade

Sebelumnya

Brigjen Pol Nurul Azizah Jadi Komandan Perempuan Pertama Pimpin Upacara Kenaikan Pangkat Perwira Tinggi Polri

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Women