KOMENTAR

SALAH satu tipe kepribadian manusia adalah introvert. Secara sederhana, tipe kepribadian introvert adalah mereka yang lebih fokus pada pikiran, suasana hati, dan perasaan secara internal. Mereka lebih suka menyendiri untuk mengumpulkan energi. Namun demikian, berbeda dengan pemalu, orang introvert tidak memiliki masalah jika harus berada dalam keramaian (situasi sosial).

Namun ternyata, kepribadian introvert juga terbagi menjadi dua tipe yaitu introvert berkelas dan introvert pemalas. Jika kita tergolong pribadi introvert, coba selidiki lebih jauh apakah kita termasuk tipe yang berkelas atau pemalas berdasarkan ciri-ciri berikut ini.

#Seseorang dengan kepribadian introvert berkelas melihat sifatnya sebagai sebuah kekuatan. Dalam ‘diam’nya, dia belajar. Dan perkembangannya bisa mengejutkan orang-orang di sekitarnya. Sebaliknya, introvert pemalas melihat sifatnya sebagai alasan untuk tidak mau berkembang.

#Seseorang dengan kepribadian introvert berkelas tidak antisosial bahkan punya kepedulian dan empati yang tinggi terhadap masyarakat. Meskipun dia tidak suka terlalu banyak berinteraksi secara sosial. Sebaliknya, introvert pemalas cenderung mengabaikan kondisi lingkungan sekitarnya bahkan enggan membantu sesama yang kesulitan.

#Seseorang dengan kepribadian introvert berkelas akan berusaha mengembangkan diri dengan berbagai skill yang umumnya dikuasai para ekstrovert. Contohnya teknik negosiasi dan public speaking. Sementara introvert pemalas—sesuai namanya, sangat malas untuk mempelajari keterampilan baru yang sebenarnya dapat meningkatkan kualitas dirinya.

Kita boleh saja memiliki kepribadian introvert, tapi jangan sampai karakter dan sifat tersebut mengurangi kualitas diri dan merusak hubungan kita dengan orang lain. Bagaimanapun juga, kita adalah makhluk sosial yang harus mampu menjaga tali silaturahmi dan professional network dengan baik.

Jadilah introvert berkelas agar kita dapat menebar sebanyak-banyak manfaat dan tetap menjadi diri sendiri.




Kembali Beraktivitas Pascalibur Lebaran, Simak Tips Bekerja Efektif dan Lebih Fresh ala POCO

Sebelumnya

Viral Kabar Anak Kecil Dipaksa Orang Tuanya Nonton Film Siksa Kubur di Bioskop, Ini Masukan dari Praktisi Pendidikan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Family