KOMENTAR

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menjelaskan potensi UMKM di era digital sangat besar, terbukti dengan 97 persen lapangan kerja tercipta dari UMKM dan 60 persen ekonomi nasional ditopang oleh UMKM.

Karena itulah Menparekraf mengajak para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif—terutama di sektor UMKM untuk lebih memperdalam kemampuan teknologi digital demi mengembangkan perekonomian bangsa.

Menurut Menteri Sandi, pelatihan pemasaran digital dilaksanakan untuk melatih para pelaku UMKM baru agar bisa menguasai pasar. Salah satu yang sangat besar perannya saat ini menurut Sandi adalah media sosial, terlebih platform TikTok yang tak hanya digunakan untuk berkreativitas seni tapi juga memasarkan produk hingga investasi.

Dengan populasi warganet yang lebih dari 133 juta orang, yang terpenting kemudian adalah bagaimana bisa menciptakan strategi pemasaran yang santun, edukatif, informatif, sekaligus efektif untuk menjaring konsumen.

Dalam acara Talkshow Literasi Digital Marketing Khususnya TikTok yang digelar di Solo (29/4/2023), Menparekraf mengajak generasi muda untuk berani memiliki mindset sebagai wirausaha.

Menyoal rasa takut yang kerap menghampiri saat seseorang ingin memulai bisnis, Menteri Sandiaga berpesan agar tidak perlu takut berlebihan.

“Kegagalan adalah anak tangga menuju kesuksesan. Itulah kunci kewirausahaan,” tegas Menparekraf.

Menteri Sandi berharap pelaku UMKM dapat naik kelas melalui pelatihan digital dan bisa mencapai target 4,4 juta lapangan pekerjaan baru di tahun 2024.




Menteri Perindustrian Dukung Pembentukan Satgas Pemberantasan Barang Impor Ilegal

Sebelumnya

Mendikbudristek Nadiem Makarim: Penting Menanamkan Rasa Cinta terhadap Perbedaan dalam Diri Anak Indonesia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News