KOMENTAR

MENTERI Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau masyarakat disarankan untuk mudik lebih awal demi menghindari kepadatan lalu lintas.

Kepadatan lalu lintas yang menjadi pusat arus mudik diperkirakan terjadi pada 18 April hingga 21 April 2023.

“Masyarakat yang sudah libur, silakan mudik lebih awal mulai hari ini 13 April sampai 17 April 2023 nanti, karena jalanan masih tidak terlalu padat,” kata Menhub dalam keterangan resmi, Kamis (13/4/2023).

Sejumlah upaya telah dilakukan pemerintah untuk memecah kepadatan arus penumpang dan kendaraan pada satu hari tertentu untuk menghindari kepadatan kendaraan yang tidak bisa dikendalikan.

“Kami berharap upaya-upaya antisipasi yang dilakukan bisa menjadikan perbandingan antara kapasitas jalan maupun simpul transportasi dengan volume penumpang dan kendaraan atau volume to capacity ratio bisa tetap di bawah angka 1 yang berarti lancar,” ujar Menteri Budi.

Salah satu upaya pemerintah untuk mengantisipasi kemacetan adalah dengan memajukan jadwal cuti bersama pada 19 hingga 25 April 2023. Tambahan hari tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan untuk mudik lebih awal dan terhindar dari kemacetan.




Bintang Puspayoga: Angka Perkawinan Anak Menurun dalam Tiga Tahun Terakhir

Sebelumnya

Lebih dari 200 Rumah Rusak, Pemerintah Kabupaten Garut Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Gempa Bumi Selama 14 Hari

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News