Ilustrasi gerbang tol Jawa/ Sekretariat Kabinet
Ilustrasi gerbang tol Jawa/ Sekretariat Kabinet
KOMENTAR

SEJUMLAH Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) siap memberikan diskon 20 persen untuk tarif tol di Jawa dan beberapa ruas tol di Sumatra selama periode mudik lebaran 2023

Diskon 20 persen tarif tol tersebut berlaku di Pulau Jawa serta ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar-Kayu Agung dan ruas tol Binjai-Medan di Pulau Sumatra.

Diskon diberikan dua hari sebelum periode cuti bersama lebaran dan dua hari setelahnya.

“Tol di Jawa sudah saya setujui diskon 20 persen. Dua hari sebelum libur dan dua hari setelah libur. Kemarin sudah ada usulan dari BUJT,” kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono di Istana Kepresidenan (12/4/2023).

Namun masih ada ruas tol yang belum menerapkan tarif diskon, salah satunya adalah Tangerang-Merak. Menurut Menteri Basuki, belum ada pengajuan dari pengelola tol Tangerang-Merak. Menteri PUPR berharap ruas tol tersebut juga bisa memberikan diskon kepada para pemudik yang berkendara lewat perjalanan darat menuju Sumatra.

Tentang persiapan menyambut mudik lebaran 2023, Menteri Basuki menjelaskan bahwa Presiden Joko Widodo telah menginstruksikan semua ruas tol fungsional agar dimanfaatkan untuk arus mudik. Demikian pula jalan-jalan nasional sudah dipersiapkan sebagai pendukung arus mudik.

Untuk lebaran kali ini, Kementerian PUPR melalui BPJT telah membuka secara fungsional 11 ruas tol baru dengan total panjang 222 kilometer. Karena bersifat fungsional, sesuai arahan Kapolri, maka ruas tol tersebut hanya dibuka pada pagi hingga sore hari.

Sebanyak 11 ruas tol yang dibuka secara fungsional yaitu Ciawi-Sukabumi Seksi 2 (Cigombong-Cibadak), Cileunyi-Sumedang-Dawuan ( Cisumdawu) Seksi Cimalaka-Dawuan, Jakarta-Cikampek II Selatan Paket 3 (Taman Mekar-Sadang), Cibitung-Cilincing Seksi 4 (Tarumajaya-Cilincing), dan Cimanggis-Cibitung Seksi 2A (Jatikarya-Cikeas).

Ada pula ruas tol Pasuruan-Probolinggo Seksi 4A (Probolinggo Timur- Interchange Gending), Solo-Yogyakarta-NYIA Kulonprogo Sebagian Seksi 1.1.

Sedangkan ruas tol Trans Sumatra yang dibuka secara fungsional, antara lain Kuala Tanjung-Tb. Tinggi-Parapat Seksi Tebing Tinggi-SS Indrapura dan Seksi Dolok Merawan-Sinaksak, Sigli-Banda Aceh Seksi Blang Bintang-Baitussalam, Binjai-Langsa Stabat-Tanjung Pura (Stabat-Jl. Proklamasi), juga Simpang Indralaya-Muara Enim Seksi Simpang Indralaya-Prabumulih.

Kementerian PUPR juga telah menambah berbagai prasarana demi kelancaran arus mudik dan arus balik mudik tahun ini. Di antaranya dengan pelebaran jalur Tol Jakarta-Cikampek, pelebaran jalur rest area Tol Cipali, juga pengurangan hambatan di akses Solo menuju Yogyakarta.

“Mudah-mudahan sudah siap untuk arus mudik dan arus balik,” tegas Menteri Basuki.




Viral Siti Aisyah, Gambarkan Ironi Dunia Pendidikan

Sebelumnya

Menteri Perhubungan Layangkan Teguran Keras untuk Garuda Indonesia Terkait Terganggunya Jadwal Keberangkatan Jemaah Haji

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News