@andienaisyah
@andienaisyah
KOMENTAR

PENYANYI Andini Aisyah Hariadi alias Andien menyadari pentingnya pendidikan bagi kemajuan sebuah bangsa. Karena itulah ia sangat peduli dengan belum meratanya akses pendidikan di masyarakat, ditambah lagi semakin mahalnya biaya pendidikan hingga banyak masyarakat miskin tidak bisa mengenyam pendidikan formal di sekolah.

Berangkat dari kepedulian tersebut, Andien berkolaborasi dengan Nara Kreatif mendirikan Sekolah Anak Percaya. Saat ini sudah ada dua Sekolah Anak Percaya yang didirikan di wilayah DKI Jakarta.

“Saya dari dulu selalu diberi pesan oleh ibu saya untuk punya hidup yang bermanfaat untuk orang lain,” ujar Andien dalam sambutannya saat peresmian sekolah.

Sekolah Anak Percaya pertama berlokasi di Pondok Kopi, Jakarta Timur. Adapun Sekolah Anak Percaya kedua berlokasi di Kampung Pemulung, Joglo, Jakarta Barat yang baru diresmikan pada Kamis (6/4/2023). Dalam peresmian tersebut, Andien mengajak serta Baim Wong dan Tarra Budiman.

Butuh waktu beberapa bulan untuk survei dan assessment tentang lokasi Sekolah Anak Percaya. Tujuannya adalah agar sekolah benar-benar bisa dimanfaatkan bagi mereka yang ingin mendapatkan kesempatan untuk memperbaiki diri untuk bisa hidup lebih layak.

Di antara tumpukan sampah yang menggunung di kampung pemulung, Andien melihat banyak dari mereka yang memiliki semangat untuk belajar.

Sekolah Anak Percaya memberikan akses pendidikan kejar paket A (setara SD), kejar paket B (setara SMP), dan kejar paket C (setara SMA) tanpa memungut biaya alias gratis. Sasarannya adalah para masyarakat miskin yang tidak memiliki kemampuan ekonomi untuk menyekolahkan anak-anak ke sekolah formal.

Andien mengaku sedih jika mendengar ada anak putus sekolah gara-gara masalah biaya. Padahal dia tahu banyak anak-anak yang sangat bersemangat untuk menuntut ilmu.

Sekolah Anak Percaya terbuka untuk mereka yang berusia 7-60 tahun. Andien terharu setelah mengetahui ada ibu berusia 37 tahun yang ikut kejar paket A (SD) dan tidak merasa malu karena menyadari pentingnya pendidikan.

Menurut Andien, dia dan Nara Kreatif hanya memberikan motivasi dan fasilitas kepada masyarakat Kampung Pemulung, hingga mereka percaya diri untuk meraih cita-cita.

Andien juga aktif menggalang dana untuk bisa menambah dan melengkapi kebutuhan Sekolah Anak Percaya meskipun hingga saat ini dia masih mengeluarkan uang dari kantong sendiri untuk mendirikan sekolah.

Sementara itu Ketua Yayasan Nara Kreatif Nezatullah Ramadhan menyatakan bahwa Sekolah Anak Percaya merupakan kesempatan bagi masyarakat untuk mengejar mimpi melalui pendidikan. Bagaimanapun juga, pendidikan adalah investasi untuk masa depan diri mereka yang lebih bernilai.




Penyair Joko Pinurbo, Celana, dan Jejak Mendalam di Dunia Sastra Indonesia

Sebelumnya

5 Fakta Film Badarawuhi yang Disebut-sebut Lebih Horor dari KKN di Desa Penari

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Entertainment