KOMENTAR

PRESIDEN Joko Widodo menginstruksikan para kepala daerah untuk bersiap menghadapi momen mudik yang makin dekat.

Para kepala daerah mulai dari gubernur hingga wali kota dengan wilayah yang banyak menjadi tujuan mudik seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur diharapkan segera melakukan persiapan terkait sarana dan prasarana kebutuhan mudik.

“Semuanya memang harus bersiap-siap menjelang mudik,” ujar Presiden seperti dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden (10/4/2023).

Presiden meminta para gubernur untuk bersiap menghadapi mobilitas penduduk di musim mudik lebaran tahun ini. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sebelumnya telah memperkirakan pemudik lebaran tahun 2023 mencapai 123 juta orang, jauh lebih banyak dari tahun lalu yang mencapai 86 juta orang.

Kenaikan angkutan pemudik lebaran didominasi kendaraan darat roda empat dan kendaraan roda dua.

Dengan angka 123 juta pemudik, potensi kepadatan kendaraan dan kemacetan—terutama di jalur Pelabuhan Merak dan Tol Jakarta-Semarang akan sulit dihindari. Menteri Perhubungan mengimbau masyarakat untuk menghindari mudik dengan sepeda motor karnea berbanding lurus dengan tingginya angka kecelakaan.

Dengan perkiraan jumlah pemudik tersebut, Presiden Jokowi meminta pemerintah daerah untuk selalu waspada. Presiden juga telah memperingatkan Menteri Perhubungan, Menteri BUMN, dan Kapolri untuk siap siaga mengawal aktivitas mudik masyarakat.

“Kurang lebih 123 juta orang akan bersama-sama mudik. Tahun kemarin sebanyak 86 juta orang, ini 123 juta orang, hati-hati angka ini, hati-hati,” pesan Presiden Jokowi.




Pembatalan Kenaikan UKT oleh Menteri Nadiem Tidak Menyelesaikan Masalah

Sebelumnya

Menteri Nadiem Batalkan Kenaikan UKT

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News