KOMENTAR

RAMADAN sebagai bulan berpuasa bagi umat Islam semakin dikenal luas oleh masyarakat internasional.

Di antaranya ada dua kota besar dunia, London dan New York yang juga ikut menyambut datangnya bulan suci Ramadan.

Lampu hias di London

Wali Kota London Sadiq Khan menyalakan lampu hias Ramadan pertama di ibu kota Inggris tersebut dua hari sebelum hari puasa pertama.

Instalasi tersebut adalah yang pertama di Eropa dalam skala ini, berisi 30.000 lampu berkelanjutan yang akan menerangi Piccadilly Circus selama bulan Ramadan. Inisiatif ini didorong oleh organisasi nirlaba Ramadan Lights UK melalui sumbangan publik.

Pendiri Ramadan Lights UK Aisha Desai menyatakan bahwa instalasi tersebut akan menjadi suguhan tahunan yang mengagumkan terutama bagi anak-anak.

Lampu bertuliskan "Happy Ramadhan" dengan bentuk bulan dan bintang yang berkilauan mengiringi pesan meriah. Konsep hasil kurasi itu menggambarkan fase bulan sepanjang Ramadan.

Buka puasa dan Tarawih di NY Times Square

Kegiatan ifthar (berbuka puasa) dan salat Tarawih berjamaah digelar untuk kedua kalinya di New York Times Square. Suara azan Maghrib yang memecah kebisingan sana, disambut suka cita umat Muslim untuk berbuka puasa. Di antara santapan yang disediakan adalah pizza, seperti yang terlihat dalam video yang dipublikasikan akun Twitter Anadolu Agency (26/3/2023).

Usai berbuka, Muslim pun menunaikan salat Magrib berjemaah yang kemudian disambung dengan salat Tarawih berjemaah.

Pada tahun lalu, inisiator Taraweeh in Times Square, YouTuber yang dikenal dengan panggilan SQ, menyatakan bahwa Times Square dipilih untuk menjelaskan tentang Islam kepada orang-orang yang belum mengetahuinya, bahwa Islam adalah agama yang damai. Dan semua yang hadir di tempat itu membawa pesan yang sama, tentang persatuan dan perdamaian (tanpa kekerasan).




Naik Transportasi Umum untuk Kurangi Polusi, Tunggu Apalagi?

Sebelumnya

Hadirkan Akses Monitoring dan Pengelolaan Dana Real Time, M-Syariah Dukung Pertumbuhan Bisnis Pelaku Usaha di Indonesia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Horizon