Infografis/Net
Infografis/Net
KOMENTAR

BARU saja dibuka 1 hari, Kamis (23/3) program mudik gratis yang dibuka oleh Dinas Perhubungan DKI Jakarta, sudah memenuhi kuota dan dinyatakan habis, Jumat (24/3). Untuk saat ini, Dishub DKI memutuskan menutup sementara hingga proses verifikasi selesai.

“Pendaftaran Mudik Gratis Pemprov DKI Jakarta 2023 ditutup sementara waktu, dikarenakan kuota yang disediakan telah terpenuhi. Jika ada pendaftar yang tidak memenuhi syarat, maka pendaftaran mudik gratis akan dibuka lagi,’ demikian tertulis di laman Instagram Dishub DKI Jakarta.

Untuk itu, warga diminta memantau terus ketersediaan kuota lewat berbagai kanal informasi Dishub DKI Jakarta dan pada laman mudikgratisjakarta.com.

Mendapati informasi demikian, Sebagian warga mengaku kecewa. Sebab, mereka baru saja hendak menyiapkan persyaratan yang dibutuhkan untuk mudik gratis tersebut, namun ternyata kuota sudah dinyatakan penuh.

“Ya, kecewa. Biasanya kan kita mengharapkan bisa ikut program ini, karena tahun-tahun sebelumnya tidak ada gara-gara pandemi. Tapi kok, baru buka sehari langsung ditutup. Kecewa banget, sih,” kata Saiful, warga Perumnas Klender, Jakarta Timur, yang hendak mudik ke Pekalongan, Jawa Tengah, kepada Farah.id.

Senada dengan Saiful, Lili warga Duren Sawit, Jakarta Timur juga mengaku kecewa, lantaran ia baru tahu program tersebut tepat di hari penutupan kuota.

“Saya baru tahu kemarin (Jumat, 24/3). Sosialisasinya kurang, ya. Kalau bisa, jangan seperti itu. Kasih tahu ke seluruh warga, jangan hanya lewat media sosial karena tidak semua orang punya media sosial,” keluhnya.

Menurut Lili, semenjak pandemi COVID-19 dirinya tidak bisa mudik ke Yogyakarta, lantaran sang suami terkena PHK imbas Corona. Karenanya, mudik gratis yang diselenggarakan Dishub DKI Jakarta sangat dinantikannya.

“Semoga, banyak yang tidak lolos verifikasi. Jadi, saya bisa ikut mudik gratisnya,” harap Lili.

Dalam acara mudik gratis tahun ini, Pemorv DKI Jakarta melalui Dishub DKI menyediakan bus bagi pemudik, dan truk untuk mengangkut sepeda motor pemudik.
“Kami mengerahkan 482 bus dua arah mudik dan balik, juga 23 truk untuk mengangkut 690 unit motor. Target yang akan diangkut bus sekitar 19.280 penumpang," papar Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Syarif Liputo, Rabu (15/3).

Keberangkatan truk akan dilaksanakan pada 16 April 2023. Sedangkan armada bus penumpang akan berangkat pada 17 April 2023. Terdapat enam provinsi dan 19 kota yang akan menjadi tujuan pemudik.




Protes 28 Pegawai Berujung Pemecatan: Desak Google Putuskan Kontrak Kerja Sama dengan Israel

Sebelumnya

Israel Luncurkan Serangan Balasan, Iran: Isfahan Baik-Baik Saja

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News