Ilustrasi/ Pasha
Ilustrasi/ Pasha
KOMENTAR

BULAN suci Ramadhan sejatinya memang bulan penuh berkah. Bukan hanya perkara pahala ibadah yang berlipat ganda, tapi juga potensi menggandakan pemasukan  selama 30 hari.

Berjualan di bulan Ramadan biasanya memang menghasilkan untung besar. Dan menariknya, tak perlu biaya besar untuk modal usaha. Cocok dengan para ibu rumah tangga, karena semua bisa dilakukan dari rumah.

Dari sekian banyak ide jualan selama bulan Ramadhan, berikut ini  tujuh di antaranya yang bakal laku keras.

1# Aneka takjil

Kolang-kaling, es buah, gorengan, hingga kue basah bisa menjadi ajang cuan selama bulan puasa. Aneka takjil sudah pasti dicari, terlebih lagi jika kita bisa memastikan rasanya enak. Kita akan punya konsumen setia dan bukan tak mungkin akan berlanjut hingga selepas Ramadhan.

2# Kue kering

Jika kita memiliki hobi baking, jangan sampai terlewat untuk membuat kue kering. Sebelumnya, kita bisa mempromosikan kue buatan kita melalui tester. Kita bisa membuat dua versi, regular dan premium. Kita tahu bahwa kue kering punya segmen tersendiri. Dengan bahan baku premium, maka kita bisa membanderol dengan harga lebih tinggi. Tapi tetap perhatikan persaingan harga, jangan sampai kelewat ‘batas’.

3# Masakan siap saji/ katering

Banyak orang menjadi lebih sibuk di kantor saat bulan Ramadhan, termasuk para ibu bekerja. Nah, masakan siap saji menjadi salah satu bahan jualan yang bakal laku keras untuk sahur dan berbuka.  Jika makanan tidak tahan lama, beri tahu konsumen untuk memanaskannya setelah beberapa jam atau menyimpannya di lemari pendingin.

4# Hijab

Sekalipun hijab sudah bertumpuk di lemari, membeli hijab di bulan Ramadhan untuk acara buka bersama hingga persiapan hari lebaran, seolah menjadi hal ‘wajib’ bagi para muslimah. Fashion item satu ini memang menjadi pemikat hati yang tidak bisa diabaikan. Tak perlu membuat merek hijab sendiri, kita bisa menjadi reseller dari berbagai jenama fesyen muslim.

5# Busana muslim

Setali tiga uang dengan hijab, berjualan busana muslim sudah pasti laku keras di bulan Ramadhan. Dianjurkan bagi umat Islam untuk mengenakan baju terbaik—yang umumnya diartikan sebagai baju baru. Penikmatnya tak hanya perempuan, tapi juga laki-laki. Tak hanya orang dewasa, tapi juga anak-anak dan lansia.  Tak perlu bermewah-mewah dengan harga selangit, yang terpenting niatkan untuk merayakan kemenangan .

6# Mukena(satu set) dan sarung untuk laki-laki

Selain digunakan sendiri untuk salat Tarawih dan salat Ied, ada banyak orang yang membutuhkan banyak mukena juga sarung untuk dibagikan kepada sanak saudara, karyawan perusahaan, maupun anak yatim dan dhuafa. Kita bisa menjadi reseller, atau membeli di pusat grosir untuk dijual kembali.

7# Parsel lebaran

Meskipun ada larangan pejabat menerima parsel, tapi parsel lebaran tetap menjadi ‘alat’ silaturahmi yang mempererat hubungan antara pengirim dan penerimanya. Misalnya saja parsel lebaran untuk kolega, anggota keluarga yang dituakan, atau kerabat yang sudah lama tak bersua. Nah, bulan Ramadhan adalah kesempatan emas untuk mendulang rupiah dari bisnis pembuatan parsel.

Semoga menginspirasi untuk produktif secara ekonomi di bulan Ramadhan. Tapi ingat, ibadah harus tetap menjadi prioritas kita ya, bunda!




Ciptakan Sendiri Hormon Serotonin, Si Penstabil Suasana Hati

Sebelumnya

Masuk Pertengahan Tahun, Saatnya Memperkuat Kembali Self-Improvement

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Family