Ilustrasi anak bahagia/Net
Ilustrasi anak bahagia/Net
KOMENTAR

DANA Anak-Anak Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNICEF) membuat sebuah raport mengenai negara-negara yang paling layak dihuni oleh anak. Yang menjadi acuannya adalah kesehatan dan kebahagiaan anak-anak, kualitas pendidikan, kebijakan cuti keluarga, hingga memiliki ruang atau taman bermain paling hijau.

Negara mana sajakah?

1. Jepang

Jepang masuk dalam peringkat pertama negara paling layak dihuni oleh anak. Dalam analisis kesejahteraan anak UNICEF 2020, peringkat tersebut diberikan lewat kriteria kesehatan fisik, yang mengacu pada angka kematian anak dan obesitas.

Nilai bertambah, ketika pada raport terbaru UNICEF 2022, yang secara khusus mengamani lingkungan tempat tumbuh anak-anak, Jepang menempati peringkat kedua untuk kategori Dunia di Sekitar Anak, yang mencakup beragam aspek seperti ruang hijau perkotaan dan keselamatan lalu lintas.

Jepang juga merupakan salah satu negara paling aman bagi keluarga, terutama dalam hal kecelakaan lalu lintas. Juga memiliki salah satu sistem penddikan terbaik dunia, menempati urutan ke-12 di antara 76 negara dan kawasan.

2. Estonia

Di Estonia, anak-anak lebih sedikit terpapar polusi, baik udara maupun suara. Negara ini juga memiliki banyak ruang terbuka hijau, di mana anak-anak di sana mengaku sangat menikmatinya.

Sistem pendidikan di Estonia juga menjadi salah satu yang paling menarik. Di sana, anak-anak memiliki keterampilan matematika, sains, dan literasi yang lebih baik dibandingkan dengan negara manapun. Keterampilan digitalnya juga mendapat perhatian khusus.

3. Spanyol

Spanyol menempati peringkat tertinggi di daftar UNICEF dalam kategori lingkungan sekitar anak, dengan tingkat morbiditas anak-anak yang sangat rendah, karena polusi udara atau air. Anak-anak di Spanyol memiliki kesejahteraan yang tinggi, dan negara ini menempati urutan ketiga untuk kesejahteraan mental anak-anak dan peringkat keempat untuk keterampilan dasar akademik dan sosial.

4. Finlandia

Finlandia secara keseluruhan berada di urutan kelima dalam raport terbaru UNICEF, mendapat skor tertinggi untuk dua dari tiga kategori, yaitu kategori dunia anak-anak dan kategori dunia di sekitar anak.

5. Belanda

Negara yang secara keseluruhan berada di urutan teratas daftar UNICEF untuk kesejahteraan anak-anak adalah Belanda dengan skor baik dalam hal kesehatan mentan anak-anak dan keterampilan.

Sembilan dari 10 anak usia 15 mengatakan, memiliki kepuasan hidup yang tinggi. Delapan dari 10 anak juga mengatakan bahwa mereka mudah berteman.




Bintang Puspayoga: Angka Perkawinan Anak Menurun dalam Tiga Tahun Terakhir

Sebelumnya

Lebih dari 200 Rumah Rusak, Pemerintah Kabupaten Garut Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Gempa Bumi Selama 14 Hari

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News