Minak wijen/Net
Minak wijen/Net
KOMENTAR

WIJEN merupakan jenis biji-bijian yang berasal dari tumbuhan wijen. Tanaman ini termasuk ke dalam famili pedaliaceae sejenis tanaman semak yang tumbuh semusim. 

Umumnya tanaman ini dimanfaatkan sebagai garnish pada kue tradisional seperti onde-onde dan kue kering serta taburan pada masakan. 

Selain dijadikan garnish, wijen juga diekstrak menjadi minyak wijen. Pemanfaatan wijen sebagai bahan makanan sudah dilakukan ribuan tahun yang lalu. Orang Tiongkok menggunakan wijen sudah lebih dari 5.000 tahun yang lalu.

Dan sejak 3.000 tahun silam minyak ini diekstrak menjadi minyak wijen. Tah heran minyak wijen dianggap sebagai minyak tertua di dunia. 

Minyak wijen dibuat dari biji wijen mentah (light sesame oil) atau yang sudah dibakar (toasted sesame oil), yang juga dikenal dengan minyaknwijen hitam. 

Saat ini minyak ini dimanfaatkan untuk masakan Asi seperti Jepang, Timur Tengah, India Selatan dan China. 

Light sesame oil banyak dimanfaatkan untuk menumis atau dressing salad. Sedangkan toasted sesame oil digunakan untuk memarinasi bahan makanan.
Dikutip dari Hellosehat, minyak wijen memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. 

Kandungan lemaknya merupakan lemak tak jenuh yang dapat membantu menurunkan LDL (kolesterol jahat) dan trigliserida sehingga menyehatkan jantung.

Minyak wijen juga bersifat analgesik dan antiiflamasi, sehingga dapat membantu menghilangkan nyeri dan peradangan pada luka termasuk meredakan arthritis. 

Kandungan antioksidan pada minyak wijen dapat membantu melembapkan kulit dan melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari. Kandungan vitamin E pada minyak wijen selain dapat melawan radikal bebas juga membantu untuk menyehatkan dan menyuburkan rambut agar lebih kuat dan tampak berkilau.




Naik Transportasi Umum untuk Kurangi Polusi, Tunggu Apalagi?

Sebelumnya

Hadirkan Akses Monitoring dan Pengelolaan Dana Real Time, M-Syariah Dukung Pertumbuhan Bisnis Pelaku Usaha di Indonesia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Horizon