Melissa Sisak Juminto/Net
Melissa Sisak Juminto/Net
KOMENTAR

TOKOPEDIA menghadirkan seorang perempuan yang menduduki puncuk pimpinan perusahaan e-commerce tersebut. Ia adalah Melissa Siska Juminto yang sebelumnya menjabat sebagai Chief Operating Office (COO) di perusahaan e-commerce tersebut.

Menduduki posisi sebagai Chief Executive Officer, Melissa menggantikan Wiliam Tanuwidjaya yang akan menjabat menjadi Co-Chairman di GOTO. 

Dikutip dari Linkedin,perempuan berusia 34 tahun tersebut bergabung dengan Tokopedia sejak 2012. Pada awal berkarir, wanita lulusan Temasek Polytechnic dan University of Washington jurusan Accounting and Information System tersebut menjabat sebagai  Accounting & Finance Lead. 

Pada tahun 2015 ia dipromosikan menjadi Vice Presiden of Business Tokopedia. Lalu setahun kemudian, ibu beranak tiga tersebut ia diangkat menjadi Managing Director di perusahaan e-commerce tersebut. Dan pada tahun 2018, ia didapuk menjadi COO Tokopedia. 

Dibawah kepemimpinannya, Tokopedia berhasil meraih sejumlah penghargaan, diantaranya adalah Indonesia E-commerce Awards 2016 dan Indonesia Netizen Brand Choice Awards pada tahun 2017.Serta pada tahun 2022, Melissa meraih penghargaan sebagai Most Extraordinary Women Business Leaders. 

Menanggapi isu gender, Melissa dikenal sebagai perempuan yang memperjuangkan kesetaraan gender. Ia mengupayakan adanya cuti hamil, cuti keguguran hingga cuti melahirkan. 

Perempuan ini juga menginisiasi nama panggilan orang yang baru kembali dari cuti hamil dengan sebutan Nakama, yang dalam bahasa Jepang artinya adalah teman atau keluarga. 

Ia juga mendorong penyediaan fasilitas penitipan anak di Tokopedia. Dan saat ini Tokopedia memiliki komunitas Nakamom, yaitu komunitas Ibu yang bekerja di Tokopedia untuk berbagi pengalaman dalam mengasuh anak.




Masnu’ah, Pahlawan Ketidakadilan Gender di Pesisir Demak

Sebelumnya

Bangkit dari Titik Terendah, Sri Mulyani Ingat Pesan Ibu untuk Berpegang Teguh pada 3 Hal Ini

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Women