Cempedak, 'ratu'-nya buah nangka/Net
Cempedak, 'ratu'-nya buah nangka/Net
KOMENTAR

INDONESIA merupakan negeri yang kaya dengan beragam hasil alam, di antaranya adalah buah-buahan. Salah satu buah yang terkenal di Indonesia adalah cempedak.

Buah yang bentuknya mirip dengan nangka ini memiliki nama latin Artocarpus integer. Tanaman ini tumbuh di dataran rendah dengan ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut. Cempedak banyak ditemukan di pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan dan Papua.

Buahnya berwarna hijau kekuningan, kulitnya tidak setebal buah nangka. Cempedak memiliki tekstur yang kasar bergerigi, tetapi tidak sekasar nangka. Daging buahnya tipis dan berserat, rasanya manis dan beraroma khas yang harum. Selain dapat dimakan langsung, umumnya daging buah Cempedak diolah menjadi gorengan, campuran kolak, atau keripik.

Bijinya juga dapat direbus dan dikonsumsi. Sedangkan kulitnya, di wilayah Kalimantan difermentasi dan diolah menjadi makanan khas yang disebut dengan Mandai.

Cempedak mengandung Vitamin A, Vitamin C, Vitamin B1, B2 dan berbagai senyawa antioksidan seperti flavonoid, tanin, triterpenoid dan karoten yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Salah satu jenis flavonoid yang dimiliki oleh Cempedak adalah senyawa artoindonesianin.

Dikutip dari Alodokter, beberapa khasiat Cempedak, antara lain :

Menjaga kesehatan pencernaan

Kandungan serat di dalam Cempedak mampu menjaga keseimbangan probiotik di dalam usus dan melancarkan pencernaan. Cempedak juga dapat mencegah berbagai masalah, seperti diare dan sembelit.

Mengontrol gula darah

Bijinya dapat diolah menjadi tepung, pengganti tepung terigu. Dengan kadar indeks glikemik yang rendah, biji Cempedak dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes dan obesitas.

Mengurangi risiko kanker

Senyawa artoindonesianin yang terdapat di dalam Cempedak dapat membantu menghambat pertumbuhan sel kanker darah atau leukemia, dan kanker lainnya.

Mengurangi risiko penyakit jantung

Manfaat lain dari Cempedak adalah menurunkan risiko penyakit jantung, karena mengandung serat, kalium, vitamin C dan antioksidan, yang dapat membantu menangkal radikal bebas di dalam tubuh.

Selain itu Cempedak juga dapat membantu mencegah hipertensi dan mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam darah yang merupakan dua faktor penyebab terjadinya penyakit jantung.

Kira-kira, Sahabat Farah sudah pernah menjajal rasa Cempedak?




Waspada Kanker Kandung Kemih: Sadari, Cegah, dan Harapan Baru Pengobatan

Sebelumnya

Makanan yang Harus Dihindari Ibu Menyusui Saat Bayi Alami Batuk Pilek

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health