Ilustrasi ibu hamil makan sayuran mentah/Net
Ilustrasi ibu hamil makan sayuran mentah/Net
KOMENTAR

TOKSOPLASMOSIS merupakan infeksi pada manusia yang ditimbulkan oleh parasit Toxoplasma gondii, yang keberadaannya cukup umum di seluruh dunia. Jika parasit itu menyerang orang dewasa, biasanya sistem imun mereka langsung melawan infeksi. Sehingga, orang dewasa dengan tingkat kesehatan yang baik mungkin tidak memerlukan perawatan medis apapun untuk sembuh dari toksoplasmosis.

Biasanya, toksoplasma selalu dikaitkan dengan hewan peliharaan, seperti kucing. Padahal, ada banyak faktor yang seringkali justru tidak disadari bisa menjadi pencetus toksoplasma.

Salah satunya ialah mengosumsi sayuran mentah yang tidak dibersihkan dengan optimal. Bagi Sebagian orang, mengonsumsi sayuran mentah dianggap lebih sehat dan segar. Tapi, ada bahaya laten dari sayuran mentah tersebut, yaitu parasit T. gondii.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menyebut, buah dan sayuran mentah yang tidak dicuci bersih adalah salah satu penyebab seseorang terinfeksi toksoplasma. Bakteri ini terbawa oleh tanah atau kotoran-kotoran yang menempel pada buah dan sayuran mentah.

Potensi buruk ini juga pernah menjadi perhatian khusus dalam penelitian ilmiah Journal of Food Protection (2021). Penelitian ini menemukan adanya potensi kontaminasi bakteri T. gondii pada sayuran mentah yang sering dikonsumsi warga Gaza, Palestina.

Hasil penelitian tersebut dengan jelas menunjukkan adanya potensi kontaminasi ookista T. gondii pada sayuran berdaun mentah, terutama yang ditanam secara liar yang menjadi tempat bermain para kucing. Juga pada lahan pertanian dengan kebersihan dan sanitasi buruk, serta adanya kontaminasi silang pada penggunaan alat yang tidak dibersihkan dengan baik.

Bahaya bagi ibu hamil

Sebagian besar sayuran mentah aman dikonsumsi selama hamil. Tapi, sayuran bisa berbahaya bila tidak dicuci dengan bersih. Bukan hanya bakteri toksoplasma, tapi juga salmonella, listeria, dan E. coli.

Studi yang dilakukan oleh Center for Disease Control and Prevention (CDC) mengungkapkan, toksoplasma menginfeksi sekitar 400 sampai 4000 janin setiap tahunnya.

Dan tentu saja, wanita hamil yang terinfeksi toksoplasma bisa menularkannya kepada bayi, sehingga memengaruhi mata dan sistem saraf.

Jadi Bunda, mengonsumsi sayuran atau lalapan mentah tidal dilarang semasa kehamilan, asalkan menyiapkannya dengan benar, agar terhindar dari kontaminasi yang membahayakan janin.




Kenali Ciri-Ciri Nyamuk Aedes Aegypti yang Jadi Penyebab Demam Berdarah

Sebelumnya

Cara Tepat Merawat Luka Bakar untuk Mencegah Infeksi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health