Amelia Rachim menerima tropi pemenang utama desain perhiasan tingkat internasional/Net
Amelia Rachim menerima tropi pemenang utama desain perhiasan tingkat internasional/Net
KOMENTAR

DESAINER muda Indonesia, Amelia Rachim (38), berhasil menjadi pemenang pertama kategori gemstone dalam gelaran HRD Antwerp Design Award ke-18, yang diselenggarakan pada pameran perhiasan internasional Vicenzaoro di Vicenza, Italia, Minggu (22/1) lalu.

Mengusung tema Peace, It Starts with You!, Amelia mengambil sumber inspirasi dari semut dan juga keberagaman Indonesia. Ia menghadirkan desain anting bernama “Piece by Piece into Peace”, berbentuk rangkaian semut yang bekerja sama membawa batu permata dalam berbagai warna.

Melalui karyanya itu, ia ingin menyampaikan pesan mengenai harmoni dalam perbedaan pada desainnya, yang digambarkan dengan semut yang saling bahu-membahu membawa batu perhiasan.

Semut menjadi inspirasi bagi Amelia karena karakteristik gotong-royong yang dimilikinya, yang juga menjadi salah satu ciri khas bangsa Indonesia. 

“Padu-padan desain khas Indonesia dan teknik pembuatan perhiasan tradisional dalam karya saya ini dapat membuat para perajin Indonesia semakin  percaya diri dalam mengembangkan karyanya. Sebab, teknik-teknik yang mereka gunakan sebenarnya banyak diadaptasi oleh produsen perhiasan internasional,” kata Amelia.

“Sebagai desainer perhiasan, tentunya saya senang dan bangga karena dapat membawa nama Indonesia di kancah internasional. Tidak hanya dari segi estetika terkait orisinalitas ide, tetapi juga faktor lain seperti wearability, manufacturability, teknik, dan kreativitas dalam penggunaan perhiasan dan batu berharga,” lanjutnya. 

Kekayaan Indonesia dalam ragam kultur, ras, suku, agama, dan pola pikir juga menjadi gagasan karya seni Amelia, karena ia meyakini perbedaan dan keberagaman yang dimiliki masyarakat kita menambah keindahan dalam hidup, sebagaimana perhiasan yang ia kreasikan.

Lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) jurusan Desain Industri pada 2008, yang juga penerima Djarum Beasiswa Plus tahun 2006 dari Djarum Foundation ini menyebut, dalam menciptakan karya, ia selalu memasukkan perasaannya, termasuk kerinduan akan Indonesia, agar tergambar kuat dalam detail desain dan teknik yang digunakan.

HRD Antwerp Design Award merupakan ajang kompetisi bergengsi yang telah diadakan selama lebih dari dua decade, sebagai wadah para desainer perhiasan berbakat di seluruh dunia dalam menunjukan kreativitasnya. 

Kompetisi ini terbagi ke dalam tiga kategori yaitu accessories, gemstone, dan diamonds. Amelia menjadi satu-satunya perwakilan dari Indonesia yang berhasil bersaing dengan 1.600 peserta yang berasal dari lebih 100 negara.




Masnu’ah, Pahlawan Ketidakadilan Gender di Pesisir Demak

Sebelumnya

Bangkit dari Titik Terendah, Sri Mulyani Ingat Pesan Ibu untuk Berpegang Teguh pada 3 Hal Ini

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Women