KOMENTAR

MUNGKIN belum banyak orang yang mengenal rempah ini. Namun bagi masyarakat suku Batak, rempah ini sering digunakan sebagai bumbu penting dalam masakan khas di daerah mereka, antara lain ikan mas yang dibuat Arsik.

Tanaman ini juga banyak digunakan di daerah Asia Timur dan Selatan. Di daerah tersebut rempah ini dikenal dengan nama Szechuan Pepper.

Andaliman memiliki nama latin Zanthoxylum acanthopodium. Umumnya tanaman ini tumbuh di daerah pegunungan dengan tinggi 1.400 meter di atas permukaan laut. Bentuknya kecil-kecil bergerombol mirip buah lada atau merica sehingga sering dikenal dengan nama “Merica Batak” atau “Rempah Tuba”.

Andaliman merupakan rempah yang berasal dari kelompok kulit buah jenis jeruk-jerukan. Karena itulah, saat dimakan akan memiliki sedikit rasa segar khas jeruk.

Rempah ini memiliki aroma yang tajam dan memiliki sifat sensorik, agak pedas menggigit, meninggalkan jejak sedikit kelu, getir, atau kebas di lidah yang dihasilkan dari hydroxy-alpha-sanshool yang terkandung di dalamnya.

Tidak hanya sekadar menjadi penyedap dalam masakan, andaliman kaya dengan nutrisi. Andaliman mengandung vitamin,mineral seperti vitamin A, zat besi, mangan, kalium, zinc dan fosfor. Selain itu rempah ini juga mengandung antioksidan, seperti pitosterol, terpene dan karoten.

Berikut ini beberapa manfaat dari andaliman bagi kesehatan.

1# Meredakan nyeri

Andaliman bersifat analgesik yang berfungsi untuk menghilangkan rasa sakit.

2# Menambah darah

Kandungan zat besi yang terdapat di dalam andaliman dapat melancarkan peredaran dan darah dan membantu pembentukan hemoglobin, yaitu protein dalam sel darah merah yang membawa oksigen ke organ-organ dan jaringan tubuh.

3# Meningkatkan daya tahan tubuh

Andaliman dapat meningkatkan kekebalan tubuh karena memiliki kadar zinc yang tinggi. Zinc dapat mengaktifkan sel T yang berfungsi mengendalikan respons imun.

4# Memperkuat tulang

Kandungan fosfor, mangan, tembaga, dan zat besi dapat membantu membangun tulang yang kuat dan mencegah osteoporosis.

5# Meredakan peradangan

Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam rempah ini, dapat membantu mencegah peradangan di dalam tubuh. Peradangan adalah hasil dari stress oksidatif, yang disebabkan oleh radikal bebas.

Selain bermanfaat untuk kesehatan, tanaman ini juga bermanfaat sebagai bahan pengawet alami. Dengan menggunakan andaliman, daging dan ikan dapat bertahan selama beberapa hari tanpa menimbulkan bau.

Di pasaran, tanaman ini memiliki harga yang sangat tinggi. Pada momen biasa harganya sekitar 100 hingga 150 ribu perkilogram. Sedangkan pada saat lebaran, harganya bisa meningkat hingga dua kali lipat.




Kembali Beraktivitas Pascalibur Lebaran, Simak Tips Bekerja Efektif dan Lebih Fresh ala POCO

Sebelumnya

Viral Kabar Anak Kecil Dipaksa Orang Tuanya Nonton Film Siksa Kubur di Bioskop, Ini Masukan dari Praktisi Pendidikan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Family