Ilustrasi perempuan menangis/Net
Ilustrasi perempuan menangis/Net
KOMENTAR

“PEREMPUAN itu lemah! Buktinya, baru ‘kesenggol’ sedikit saja, langsung nangis.”

Eits, tunggu dulu! Perempuan memang mudah menangis atau mengeluarkan air mata dibandingkan laki-laki. Bukan karena cengeng atau lemah, tapi karena sejatinya perempuan adalah mahluk yang lembut, sangat sensitif, dan emosional.

Perempuan bisa saja tiba-tiba menangis, karena mereka lebih cepat merasakan hal yang terjadi di sekitarnya. Namun, ada alasan lain mengapa perempuan lebih mudah menangis. Farah.id coba merangkumnya dari berbagai sumber:

Perbedaan hormon

Semua orang tentu tahu, hormon laki-laki dan perempuan itu berbeda. Yang membedakannya adalah kadar prolactin pada hormon perempuan. Prolactin ini mendorong perempuan lebih mudah menangis, serta perbedaan lain dalam ekspresi emosional dan kerentanan depresi antara laki-laki dan perempuan.

Air mata emosional yang ditemukan, mengandung prolactin sebanyak 60% lebih tinggi pada perempuan dewasa daripada laki-laki dewasa. Itulah mengapa perempuan lebih mudah menangis dibandingkan laki-laki.

Lebih sensitif

Perempuan menjadi lebih mudah dan lebih cepat menangis, karena menggunakan perasaan lebih dominan daripada laki-laki, sehingga ia lebih cepat tersentuh perasaannya atau disebut sensitif. Karena lebih sensitif, perempuan menjadi lebih cepat terpengaruh atau berubah-ubah emosionalnya (moody). Itulah yang membuat air mata perempuan lebih mudah menetes saat hatinya tersentuh.

Saluran air mata lebih pendek

Jika dilihat dari sisi biologisnya dan menurut beberapa penelitian selama bertahun-tahun, diketahui saluran air mata laki-laki lebih besar dibandingkan perempuan. Sehingga, kecil kemungkinan air mata mengalir dari kelopak mata ke pipi.

Pada 1960-an, seorang dokter dari University of Michigan mengukur masing-masing panjang dan kedalaman air mata tersebut, dan ditemukan bahwa perempuan memiliki saluran air mata yang lebih pendek dan dangkal daripada laki-laki.

Takut kehilangan

Saat perempuan dihadapkan pada sebuah masalah, maka mereka akan lebih cepat merasa khawatir kehilangan. Perempuan menjadi cenderung memikirkan hal-hal negatif, sehingga perasaan takutnya semakin besar. Jika sudah demikian, air mata bisa menetes begitu saja.

Nah Bunda, setuju tidak dengan alasan ini? Kira-kira, apalagi ya hal yang membuat perempuan lebih cepat menangis daripada laki-laki?




Kembali Beraktivitas Pascalibur Lebaran, Simak Tips Bekerja Efektif dan Lebih Fresh ala POCO

Sebelumnya

Viral Kabar Anak Kecil Dipaksa Orang Tuanya Nonton Film Siksa Kubur di Bioskop, Ini Masukan dari Praktisi Pendidikan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Family