Presiden Jokowi usai divaksinasi (13/1/2021)/ Biro Pers Setpres
Presiden Jokowi usai divaksinasi (13/1/2021)/ Biro Pers Setpres
KOMENTAR

MENTERI BUMN Erick Thohir menyatakan bahwa suksesnya penanganan pandemi di Indonesia tidak terlepas dari strategi ulung yang dijalankan Presiden Joko Widodo dan terbukti efektif.

"Policy Pak Jokowi sejak awal itu gas dan rem, yang mana beliau sangat yakin dan mempertahakan (kebijakan) itu," ujar Menteri BUMN dalam keterangannya, Minggu (22/1/2023).

Secara sederhana, strategi "gas dan rem" ala Presiden Jokowi itu dijalankan masyarakat dalam bentuk PPKM. Masyarakat kita pernah mengalami PPKM dari level 4 hingga level 1. Meskipun masih ada sebagian kecil yang mencoba melanggar peraturan PPKM, secara garis besar kebijakan itu terbilang sukses mengendalikan angka penularan SARS-CoV-2 di Tanah Air.

Kebijakan tersebut juga mencakup akses vaksin lebih cepat. Diketahui bahwa Indonesia sangat aktif untuk menjalin hubungan dengan negara-negara produsen vaksin dan terlibat aktif dalam skema pemberian vaksin yang diselenggarakan PBB maupun lembaga lain.

Dalam berbagai kesempatan, Presiden Jokowi pernah mengibaratkan penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia layaknya 'total football' alias strategi permainan sepak bola Belanda di era kejayaan Johan Cruijff.

Perumpaan itu memperlihatkan kesamaan bahwa segenap elemen bangsa menunjukkan totalitas untuk menghadapi pandemi COVID-19.

Karena itulah Presiden Jokowi mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran pemerintah daerah di seluruh Indonesia yang telah bahu-membahu mendisiplinkan warga mereka untuk cerdas bertindak selama pandemi COVID-19.

Tak hanya itu, Erick juga menjelaskan bahwa keseriusan Presiden Jokowi menumbuhkan kemandirian sektor kesehatan Indonesia menyebabkan akses dan layanan kesehatan semakin meningkat baik dari kuantitas maupun kualitas.

Hal tersebut dibuktikan dengan lahirnya IndoVac buatan anak bangsa, yang membuat Indonesia tak lagi mesti bergantung dengan negara lain dalam ihwal pengadaan vaksin.

Tak hanya sukses mencapai target vaksin dosis lengkap, saat ini sudah semakin banyak anggota masyarakat yang sudah mendapatkan vaksin booster pertama. Herd community yang mulai terbentuk ini juga menjadi salah satu kunci kesuksesan Indonesia bergerak menuju endemi.

Meski demikian, Erick Thohir mengingatkan masyarakt untuk selalu menjalankan protokol kesehatan untuk mewaspadai agar angka COVID-19 tidak melonjak lagi.

"Saya sepakat bahwa kebijakan memakai masker harus dipertahankan, terutama dalam kendaraan umum dan bagi individu yang merasa kondisinya tidak prima. Ini sebaiknya menjadi kesadaran kita dalam mendidik masyarakat agar tetap memakai masker dalam kondisi tertentu," tegasnya.




IDAI Keluarkan 8 Rekomendasi Stop Kekerasan Seksual pada Anak

Sebelumnya

Bukan 150 Ribu, Kemenkes Siapkan Harga Vaksin di Bawah 100 Ribu

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News