Masjid Kemampul Pacitan, Jawa Timur
Masjid Kemampul Pacitan, Jawa Timur
KOMENTAR

SUDAH pernahkah menikmati khusyuknya beribadah dan bertadabbur alam di Masjid Apung Kemampul Pacitan? Tadabbur alam merupakan sarana pembelajaran untuk mengenal Allah Swt yang telah menciptakan langit dan bumi beserta seluruh isinya.

Tadabbur alam dipercaya akan membersihkan diri dan jiwa dari energi-energi negatif yang telah menetap di hati dan pikiran seseorang, juga sebagai rasa syukur kepada Allah atas karunia-Nya.

Adalah Masjid Kemampul yang terletak di Kawasan Pantai Pancer Door, Kelurahan Ploso, Pacitan, Jawa Timur. Masjid tersebut berlokasi di atas permukaan air laut dan digagas langsung oleh pengasuh pondok pesantren Tremas KH Fuad Habib Dimyati.

Masjid ini bersistem keramba, menggunakan banyak tong besar, sehingga membuatnya terapung.

Meski berada di atas permukaan laut, bukan berarti masjid ini tidak memiliki jamaah. Suasana pesantren di sekitar masjid sangat terasa. Apalagi, ada jadwal khusus yang dibuat pengasuh pesantren di sana untuk melaksanakan aktifitas.

“Kami melaksanakan salat Jumat di sini, karena memang ada perintah langsung dari kiai,” kara salah satu jamaah.

Masjid apung ini dibangun pada 2019 dan digunakan untuk beraktifitas layaknya masjid lain, seperti salat, pengajian, dan ceramah. Dalam perkembangannya, masjid ini dikenal sebagai tempat wisata religi. Selain jamaah dari Pacitan, ada juga yang datang dari Yogyakarta, Pekalongan, Sumatera, Surabaya, Jakarta dan lain-lain.

Di dalam masjid juga terdapat alunan air yang bersumber dari bahan dasar bambu, yang menambah khusyukkan saat membaca Al-Qur’an. Apalagi jika dinikmati saat bulan puasa.

Jika Anda ingin ke sana, saat memasuki kawasan Pantai Pancer Door, silahkan bertanya ke petugas penjaga loket, dan akan ditunjukkan keberadaan masjid tersebut.

Tidak hanya masjid yang unik, wisatawan juga akan disuguhkan panorama Sungai Grindulu dan gugusan pegunungan khas Pacitan yang tampak hijau ditambah hembusan angin segar, sehingga menambah ketenangan dan kenyamanan.

Masjid itu juga sangat instagramable, karena dilengkapi dengan fasilitas taman yang indah, kolam ikan, serta spot-spot selfie di atas perahu. Keunikan lain adalah tempat wudhu berupa perahu.




Naik Transportasi Umum untuk Kurangi Polusi, Tunggu Apalagi?

Sebelumnya

Hadirkan Akses Monitoring dan Pengelolaan Dana Real Time, M-Syariah Dukung Pertumbuhan Bisnis Pelaku Usaha di Indonesia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Horizon