KOMENTAR

MEMILIKI tingkat Intelligence Quotient (IQ tinggi) menjadi keinginan banyak orang. Dengan IQ tinggi, kita berharap dapat lebih mudah untuk menyerap ilmu di sekolah dan mempelajari banyak keterampilan lain setelah dewasa.

Namun demikian, kecerdasan akademis ini bisa ditingkatkan dengan berbagai kebiasaan baik seperti banyak membaca dan mengonsumsi sejumlah makanan yang membantu perkembangan otak.

Selama ini kita mengenal salmon identik sebagai makanan untuk meningkatkan kecerdasan. Nah, berikut ini rekomendasi 5 makanan yang juga mampu berkontribusi untuk meningkatkan IQ yang Farah.id rangkum dari berbagai sumber.

Kopi dan teh

Kita mungkin bingung bagaimana mungkin minuman dengan jumlah kafein tinggi ini dapat membantu kecerdasan.

Nyatanya, para peneliti menyebutkan bahwa kafein berkontribusi untuk meningkatkan memori, fungsi kognitif, juga kewaspadaan seseorang.

Percaya atau tidak, khasiat kopi dan teh sudah terbukti meningkatkan skor IQ melalui sejumlah tes. Dan ya, kita mungkin sudah akrab dengan kopi dan teh untk membantu kita berkonsentrasi lebih lama saat menyelesaikan tugas tertentu.

Kacang-kacangan

Diketahui bahwa kacang-kacangan adalah sumber nutrisi juga gizi yang baik bagi tubuh manusia.

Menariknya, manfaat terbaik bagi kesehatan otak terkandung dalam kacang kenari dan kacang almond. Selama ini jenis kacang tersebut dikenal mampu meningkatkan daya ingat, meningkatkan konsentrasi, juga memperbaiki kinerja otak.

Makanan dengan kandungan tinggi vitamin C

Stoberi, blueberry, dan beragam jenis buah sitrus juga dikenal sebagai makanan yang melindungi kita dari penurunan fungsi kognitif. Tak hanya itu, makanan tinggi vitamin C juga dapat mengurangi risiko penyakit Alzheimer.

Sayuran hijau

Beragam sayuran hijau mempunyai kandungan zat besi tinggi yang dapat meningkatkan fungsi sel darah merah juga memulihkan energi.

Sejumlah sayuran hijau seperti brokoli, kangkun, kale, dan bayam juga berkontribusi untuk peningkatan IQ. Jika dikonsumsi secara rutin, sayuran hijau dapat menutrisi sel otak dan meningkatkan kecerdasan.

Makanan hasil fermentasi

Seorang ahli gizi dari Amerika bernama Alicia Harper menyatakan bahwa makanan hasil fermentasi seperti asinan kubis, kefir, miso, juga kimchi menjadi pilihan yang baik untuk menjaga kesehatan usus.

Dan penelitian terbaik menunjukkan bahwa kesehatan saluran pencernaan berdampak langsung terhadap kesehatan otak.




Kenali Ciri-Ciri Nyamuk Aedes Aegypti yang Jadi Penyebab Demam Berdarah

Sebelumnya

Cara Tepat Merawat Luka Bakar untuk Mencegah Infeksi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health