Randoseru, jadi tas wajib bagi anak sekolah di Jepang/Net
Randoseru, jadi tas wajib bagi anak sekolah di Jepang/Net
KOMENTAR

PERNAHKAH Sahabat Farah memperhatikan tas yang digunakan oleh Nobita dan teman-temannya di serial kartun Doraemon? Tas yang digunakan oleh Nobita merupakan ransel berbentuk kotak, terlihat kaku, dan memiliki volume di dalam tasnya, sehingga dapat membawa banyak barang, terutama buku-buku pelajaran.

Tas yang sepintas terlihat simpel ini ternyata merupakan tas yang diwajibkan oleh pemerintah Jepang untuk anak-anak sekolah di negeri Sakura tersebut, karena memiliki bantalan pada punggung dan dinilai aman untuk kesehatan.

Ransel sudah mulai ada sejak zaman, Edo sekitar tahun 1603- 1868. Ransel ini diperkenalkan oleh Belanda kepada militer Jepang. Nama Randoseru berasal dari bahasa Belanda, yaitu Ransel, namun orang Jepang melafalkannya menjadi Randoseru.

Dikutip dari Japan Objects, tas ini dibuat dari kulit asli, namun saat ini sudah banyak yang menggunakan bahan sintetis yang dikenal dengan Clarino, yang diciptakan pada 1965 oleh Kuraray Co.Ltd. Bahan sintetis ini sepintas hampir sama dengan kulit, namun lebih ringan.

Randoseru didesain sesuai dengan struktur tubuh manusia agar tetap nyaman dan aman, bertujuan agar tulang punggung tetap lurus dan tegap. Hal tersebut menghindari tubuh membungkuk karena beban tas yang ditanggung oleh anak Jepang.

Tas Randoseru dibuat dengan desain yang sangat awet, yang dapat digunakan setiap hari sejak anak berada di kelas 1 hingga kelas 6. Kelebihan lainnya adalah memiliki tampilan mengkilap yang dapat memantulkan cahaya, sehingga pengendara mobil akan berhati-hati saat mengendarai kendaraan di sekitar sekolah.

Selain itu, tas ini dapat digunakan untuk melindungi kepala saat terjadi gempa dan menjadi pelampung saat terjadi banjir.

Saat ini, Randoseru didesain dengan teknologi yang canggih. Di Jepang, tas tersebut dilengkapi dengan fitur keamanan berupa tombol GPS, yang terhubung dengan orang tua di rumah, sekolah atau kantor polisi. Tombol tersebut dapat ditekan sewaktu-waktu oleh anak-anak saat mereka berada dalam bahaya.

Seiring perkembangan zaman, Randoseru kini banyak digunakan oleh orang dewasa dan dibuat dengan beragam warna dan motif, serta dipasarkan dengan harga yang sangat mahal.




Lengkapi Busana Kerjamu dengan Koleksi Syakeph Official x Anggiasari Mawardi

Sebelumnya

Hijab Pashmina untuk Gaya Simpel nan Anggun

Berikutnya

KOMENTAR ANDA