Anugerah Jurnalistik Adinegoro diselenggarakan untuk mengapresiasi karya jurnalistik anak bangsa/Net
Anugerah Jurnalistik Adinegoro diselenggarakan untuk mengapresiasi karya jurnalistik anak bangsa/Net
KOMENTAR

SEBANYAK 724 karya jurnalistik akan berkompetisi di Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2022. Saat ini, proses pendaftaran dan penjurian anugerah jurnalistik dinyatakan berakhir.

Ada total 724 karya yang masuk panitia sejak pendaftaran dibuka 14 Oktober 2022, hingga batas waktu penutupan 30 November 2022 pukul 23.59 WIB. Proses penjurian final berlangsung selama Desember 2022 secara hybrid (daring dan luring) dari sekretariat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, Jakarta.

Tahun ini, ada satu ketegori tambahan yang dijadikan syarat kemenangan, yaitu liputan berkedalaman untuk video di media sosial. Sedangkan enam kategori lainnya seperti biasa, yaitu:

  1. Liputan berkedalaman untuk media cetak.
  2. Liputan berkedalaman untuk media siber.
  3. Liputan berkedalaman untuk media televisi.
  4. Liputan berkedalaman untuk media radio.
  5. Foto berita untuk media cetak dan media siber.
  6. Serta karikatur opini untuk media cetak dan media siber.

Adapun komposisi jumlah pendaftar Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2022 dengan rincian 34 persen adalah karya media siber, 5 persen radio, 17 persen media cetak, 13 persen media televisi, 14 persen karikatur opini, 8 persen foto jurnalistik, dan 9 persen karya jurnalistik video.

Karya-karya yang masuk tersebut telah melewati proses seleksi berdasarkan kelengkapan administrasi, lalu masuk ke tahap penjurian oleh dewan juri dari tokoh pers, pengamat, dan akademisi yang menguasai bidang jurnalistik, sesuai kriteria penilaian dan bekerja secara professional.

Ketua Panitia Tetap Anugerah Jurnalistik Adinegoro Rita Sri Hastuti, melihat ada peningkatan jumlah karya jurnalistik yang diperlombakan tahun ini dibandingkan awal-awal pandemi COVID-19.

“Awal pandemi 2020 sempat drop, hingga hanya 583 pendaftar,” ungkap Rita.

Dia menambahkan, para dewan juri di masing-masing kategori, telah melaksanakan tugas mereka dengan sangat baik. Betapa tidak, karya-karya yang menang ini diseleksi melalui proses penilaian yang terbilang detil.

“Dengan perdebatan yang seru di antara masing-masing juri,” ujarnya.

Panitia menyediakan hadiah sebesar Rp 30.000.000, trofi Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2022, serta piagam penghargaan dari PWI Pusat/Panitia HPN 2023.

Penghargaan Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2022 akan diserahkan kepada para pemenang di depan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), bertepatan acara puncak Hari Pers Nasional 9 Februari 2023 di Medan, Sumatera Utara.




Hadirkan Quraish Shihab, Buttonscarves Bersyukur Atas 8 Tahun Keberkahan

Sebelumnya

Memanfaatkan Momen Ramadan, Bank Mega Syariah Berikan Literasi Keuangan Syariah bagi Jemaah Masjid Istiqlal

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel C&E