KOMENTAR

SALAH satu perawatan kaki yang dapat dilakukan sendiri di rumah adalah merendam kaki dengan air garam hangat. Kegiatan ini termasuk  jenis hidroterapi yang tidak hanya memberikan sensasi yang menyenangkan namun juga bermanfaat bagi kesehatan.

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang dapar diperoleh ketika kita rutin merendam kaki dengan air garam hangat.

1# Mengangkat sel kulit mati

Kaki merupakan bagian yang relatif jarang dibersihkan secara khusus, tidak seperti kulit wajah. Hal tersebut menyebabkan penumpukan sel kulit mati di sekitar kaki yang membuat kulit kaki terlihat kusam dan dekil.

Campuran air hangat dan garam yang digunakan untuk merendam kaki dapat bersifat eksfoliasi yang dapat membantu mengangkat sel- sel kulit mati yang menumpuk di kaki. Air garam ini juga dapat membantu melembutkan kulit kaki yang kasar dan pecah-pecah.

2# Mengobati infeksi jamur

Pemakaian alas kaki yang tertutup sering membuat kondisi kaki menjadi lembap. Hal tersebut dapat membuat pertumbuhan jamur menjadi lebih aktif dan dapat menginfeksi kulit. Salah satu infeksi kulit kaki yang sering terjadi adalah kutu air.

Dengan merendam kaki pada larutan air garam dapat membantu mengurangi  gejala yang disebabkan oleh infeksi  jamur, seperti rasa bengkak dan gatal serta menghilangkan bau tak sedap. Karena larutan garam bersifat antiseptik yang dapat membantu mengurangi kuman.

3# Meredakan nyeri

Umumnya kita merasakan pegal dan lelah setelah beraktivitas seharian, terutama di bagian kaki. Otot-otot kaki akan terasa lebih tegang setelah seharian menopang tubuh baik ketika berdiri maupun berjalan.

Merendam kaki pada larutan garam dapat membantu merileksasikan dan mengurangi rasa nyeri pada otot-otot yang tegang.

Selain itu terapi ini juga dapat membantu mengurangi rasa nyeri yang disebabkan oleh keseleo, memar ataupun bengkak.

4# Mengatasi insomnia

Manfaat berikutnya dari merendam kaki dengan air garam adalah membantu mengatasi insomnia. Kandungan magnesium sulfat yang terdapat di dalam garam dapat membantu melancarkan peredaran darah. Ketika peredaran darah lancar, tubuh menjadi lebih nyaman dan tidur menjadi lebih nyenyak.




Jangan Lengah, Ini Tanda Tubuh Kamu Kelebihan Gula

Sebelumnya

Lebih dari Sekadar Menjaga Kesehatan Tulang, Yuk Cari Tahu Manfaat Lain Kalsium

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health