KOMENTAR

SEPANJANG tahun 2022, sejumlah perusahaan di Indonesia diberitakan melakukan lay off besar-besaran. Tak pelak, banyak karyawan—baik dari kalangan tua maupun muda—mendadak kehilangan penghasilan.

Kondisi ini tentu mengejutkan hingga membuat sebagian orang putus asa dan kehilangan harapan. Mereka merasa gagal dan tidak dibutuhkan lagi, terutama bagi mereka yang sudah bekerja lama di satu perusahaan.

Bila Anda mengalami hal ini, tidak perlu berkecil hati. Ingatlah, lay off bukanlah akhir dari hidup kita.

Jangan terbawa emosi, segeralah bangkit untuk memperbaiki situasi dengan melakukan beberapa hal berikut ini.

1# Bersikap tenang

Berusahalah untuk tetap tenang dan tidak emosional ketika menerima informasi bahwa kita termasuk ke dalam daftar orang yang terkena PHK.

Hal tersebut penting dilakukan agar situasi tetap terkendali dan reputasi kita tetap terjaga. Selain itu kita juga dapat menegosiasikan pesangon dan mendapatkan rekomendasi dari atasan agar dapat memperoleh pekerjaan di perusahaan lain dengan mudah.

2# Menerima

Berusahalah menerima kondisi tersebut dan tetap berpikir optimis bahwa ketika sesuatu diambil dari genggaman kita, maka akan ada hal baik lain yang akan kita terima.

Seperti pepatah “every cloud has a silver lining” yang dapat diartikan bahwa dalam setiap situasi yang sulit atau sedih, selalu ada hal yang positif dan baik. Untuk itu kita harus tetap bersyukur dan berterima kasih atas segala kondisi.

3# Tata ulang hidup

Ketika terkena lay off, manfaatkan momen tersebut untuk mengistirahatkan jiwa sejenak dari berbagai rutinitas padat yang sebelumnya menghabiskan energi kita. Beri waktu kepada diri sendiri untuk merasakan setiap emosi yang muncul seperti kecewa dan sedih, karena hal tersebut merupakan hal alami yang muncul saat situasi kurang menyenangkan.

Namun hal tersebut jangan dibiarkan berlarut-larut, segeralah bangkit dan mengeksplorasi kemampuan anda dengan menambah skill yang bermanfaat bagi karier berikutnya.

4# Mencoba karier di bidang baru

Mengalami PHK dapat menjadi pengalaman yang buruk, namun kita tetap harus melangkah untuk melanjutkan hidup. Lay off dapat menjadi momen menemukan kesempatan untuk mencoba  alternatif karier di bidang yang baru, yang bisa jadi akan membuat kehidupan Anda jauh lebih baik dan cemerlang.




Film Horor dan Dampak Psikologisnya terhadap Anak

Sebelumnya

Tidak Mendapat Hak Waris, Ini yang Nanti Diterima Anak Adopsi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Family