Tidak melulu membuat tubuh gemuk, justru manfaat kesehatan dari camilan sangat banyak/Net
Tidak melulu membuat tubuh gemuk, justru manfaat kesehatan dari camilan sangat banyak/Net
KOMENTAR

BAGI Sebagian orang, kebiasaan makan camilan memang menjadi penyebab naiknya berat badan dan tertimbunnya lemak di tubuh. Padahal, camilan ternyata tidak seburuk yang dipercaya selama ini.

Sering dijadikan biang kerok gagalnya program diet, nyatanya ngemil memiliki banyak manfaat kesehatan. Bahkan bagi yang sedang diet, camilan bisa jadi sarana penting untuk mendapatkan tambahan asupan nutrisi makanan.

Nah, berikut ini alasan kenapa ngemil tetap penting dilakukan:

1. Mengontrol rasa lapar yang berlebihan

Aktivitas ngemil ternyata bisa dilakukan untuk sedikit meredam rasa lapar. Dengan perut yang sudah sedikit lebih terisi, ketika jam makan kamu tidak terlalu kalap melahap makanan berat.

2. Menjaga kadar gula darah

Kebiasaan ngemil bisa membantu para penderita diabetes melitus untuk menjaga gula darahnya tetap normal, loh. Biasanya, di sela-sela jam makan utama, terutama usai aktivitas yang menguras energi, gula darah akan anjlok secara drastis. Untuk sedikit menjaga kadar gula tetap stabil, kamu bisa menyantap makanan ringan. Tapi, pilih camilan yang lambat dicerna untuk mencegah naiknya gula darah secara cepat.

3. Membangkitkan mood dan memaksimalkan kerja otak

Beberapa camilan manis seperti cake, cookies, cokelat, cupcakes, dan aneka permen, bisa membantu meningkatkan mood. Sebab, kandungan gula glukosa memang memberi efek rasa senang pada otak. Saat lelah, lapar, dan gula darah merosot tajam, kamu juga bisa memanfaatkan camilan manis itu untuk sedikit mengembalikan kinerja otak.

4. Menambah asupan nutrisi

Akan sulit mengandalkan makanan utama 3 kali sehari untuk memenuhi asupan beragam nutrisi dan mineral. Pilih ragam jenis camilan yang memang mengandung nutrisi dan mineral tinggi, seperti aneka buah segar, buah kering, dan kacang-kacangan. Selain memberi asupan vitamin dan mineral, camilan-camilan tersebut juga mengandung serat tinggi untuk menunjang dietmu.

5. Mencegah perut keroncongan

Pada dasarnya, perut manusia harus selalu terisi setiap 4 hingga 5 jam sekali per harinya. Nah, camilan bisa sedikit meredam rasa kosong di perut untuk mencegah keroncongan.

Agar tidak menjadi ‘buah simalakama’, pilih camilan sehat. Misalnya oatmeal dan oat cookies, granola, kacang-kacangan, dark chocolate, atau pisang.

Untuk pisang, di dalamnya terkandung hormon serotonim yang bisa memicu perasaan bahagia untuk menghindari stres.




7 Makanan Pilihan yang Siap Menyapu Kolesterol dari Tubuh Kita

Sebelumnya

Pentingnya Mengurangi Asupan Gula dalam Pola Makan Sehari-hari

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health