Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

LISA Blackpink, baru saja mengalami neck strain atau cedera leher saat konser di Barcelona. Akibat kejadian ini, ia terpaksa harus meniadakan aksi “pole dance” andalan yang seharusnya ditampilkan dalam konser tersebut.

Atas kondisinya itu, melalui unggahannya di Instagram Lisa Blackpink meminta maaf kepada para penggemarnya di Barcelona. Sebab, pole dance ini ternyata sangat dinanti-nantikan oleh Blinks, sebutan penggemar Blackpink.

Seperti dikutip dari Spine Health, neck strain atau ketegangan leher sendiri terjadi saat satu atau lebih serat di otot atau tendon leher meregang terlalu jauh dan robek.

Kondisi ini kerap kali disebut sebagai otot ketarik yang sering dialami oleh para dancer. Tingkat intensitasnya pun bervariasi, tergantung pada ukuran dan lokasi robekan.

Untuk perkiraan sembuhnya sendiri, menurut Konsultan Ahli Bedah Ortopedi, Tulang Belakang, dan Trauma dari ALTY Orthopaedic Hospital Malaysia Dr Lim Sze Wei menjelaskan, ketegangan leher biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu dua sampai tiga hari.

“Tapi kalau 2 minggu masih sakit, berarti sendinya kena. Itu bisa makin parah kalau tidak menjalani perawatan,” kata Wei.

Menurutnya, apabila masih merasa sakit selama dua minggu, disarankan untuk langsung memeriksakan diri ke dokter. Pasalnya, bila tidak ditangani segera kondisi ini bisa semakin parah, bahkan lama-lama bisa menekan saraf.

“Akibatnya lama-lama tangan bisa kebas, terus mengalami kelemahan. Kalau begitu berarti butuh operasi,” ujar dia.

Wei juga mengungkap terdapat sejumlah faktor lain yang menyebabkan ketegangan di leher atau neck strain, salah satunya postur tubuh yang buruk akibat terlalu lama duduk di depan komputer, yang banyak dialami para pekerja kantoran.

“Kondisi ini biasanya sering disebabkan oleh improper posture seperti menggunakan handphone, komputer, atau laptop,” pungkasnya.

Mengatasi neck strain

Cara mudah mengatasi neck strain atau beberapa pertolongan pertama yang bisa dilakukan adalah:

  • Kompres dingin atau hangat
  • Mengistirahatkan leher
  • Minum obat Pereda nyeri
  • Lakukan peregangan atau pijatan ringan

Neck strain juga bisa dicegah dengan menjaga postur tubuh saat beraktivitas dan berolahraga secara teratur untuk memperbaiki postur tubuh.




Lebih Dekat dengan Ariel Noah Bersama Indomilk Steril "Click to get Riil!"

Sebelumnya

Terbangun Tengah Malam Karena Kaki Kram, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health