Salah satu objek wisata nusantara yang sangat cantik/Net
Salah satu objek wisata nusantara yang sangat cantik/Net
KOMENTAR

LIBUR panjang akhir tahun sudah di depan mata. Berbagai rencana liburan tentunya sudah dipersiapkan. Tapi, tidak perlu jauh-jauh berlibur ke luar negeri, karena Indonesia juga menyimpan banyak potensi wisata yang tidak kalah bagus dan menarik dari negara-negara lainnya.

Apalagi, baru-baru ini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) baru saja meluncurkan 100 Paket Wisata Nusantara (100 Pak Wisnu), yang tentunya sayang jika dilewatkan.

“Pak Wisnu ini sejalan sekaligus menindaklanjuti arahan presiden untuk berwisata di #IndonesiaAja. ‘Pak Wisnu’ ini akan menambah khazanah untuk berwisata jelang liburan Nataru yang biasanya diisi untuk berwisata ke luar negeri,” kata Menparekraf Sandiaga Uno dalam Weekly Brief with Sandi Uno, beberapa waktu lalu.

Weekly Brief with Sandi Uno, beberapa waktu lalu.

Untuk mendapatkan paket wisata tersebut, silahkan kunjungi laman resmi Pariwisata Indonesia di 111.indonesia.travel. Menurut Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Ni Made Ayu Marthini, di laman itu terdapat berbagai paket wisata dengan beragam perjalanan menarik.

Masih menurut Ayu, untuk menghadirkan 100 paket wisata itu, pihaknya sudah berkoordinasi dengan dinas pariwisata di 34 provinsi. Dan mereka, mengirimkan masing-masing 3 paket wisata terbaiknya.

Contohnya Jawa Tengah. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, Provinsi Jawa Tengah setidaknya memiliki hampir 300 paket wisata. Jumlah tersebut belum termasuk even-even menarik seperti Borobudur Marathon, trail Run Sikso Rogo di Lereng Gunung Lawu, dan lainnya.

“Yang menarik lainnya adalah wisatawan yang besar, yaitu ziarah atau wisata religi. Bisa dimulai dari beberapa tempat seperti Sunan Gunung Jati, Semarang, Cirebon, kembali lagi ke Semarang. Lalu ziarah Wali Songo,” ujar Ganjar.

Sebenarnya, tempat ziarah atau religi ini tidak kalah menarik, apalagi bertepatan dengan acara shalawatan. Ini momentum yang paling bagus untuk bisa mengeluarkan dan mempromosikan wisata-wisata di tanah air.

“Diharapkan ’100 Pak Wisnu’ ini dapat menambah informasi mengenai paket wisata untuk liburan Natal dan Tahun Baru, serta menambah pergerakan wisatawan nusantara. Sejalan dengan arahan presiden untuk mewujudkan target 2023 sebanyak 1,2 sampai 1,4 miliar pergerakan/perjalanan wisatawan nusantara,” demikian Ayu.




Bali Tawarkan Pariwisata Baru Kolaborasi Seni, Budaya, dan Inovasi

Sebelumnya

Festival Balon Udara 2024 di Wonosobo, Suguhkan Langit Cappadocia Khas Indonesia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Horizon