KOMENTAR

BANGUN pagi bisa menjadi tantangan besar dalam kehidupan seseorang. Tidak bisa dipungkiri, dengan setumpuk kesibukan dari pagi hingga malam, waktu istirahat seringkali 'terpangkas'. Walhasil, bangun pagi menjadi sangat sulit untuk dilakukan.

Berikut ini 3 resep untuk bisa menjadi morning person yang mudah untuk bangun pagi dengan tubuh segar dan bugar.

#1 Lakukan exercise pada sore atau malam hari.

Tidak harus melakukan gerakan yang rumit dalam waktu lama hingga menguras tenaga, cukup gerakan substansial yang bisa melemaskan otot-otot yang tegang setelah seharian berkutat dengan kesibukan pekerjaan.

#2 Tidur lebih lama dan lebih lambat dari biasanya.

Tidur lebih lama dari biasanya, dan/atau tidur lebih lambat dari biasanya, mengakibatkan individu meningkatkan kewaspadaan dengan sangat cepat setelah bangun dari tidur.

Tujuh dan sembilan jam tidur sangat ideal untuk membersihkan tubuh dari "inersia tidur", yaitu ketidakmampuan untuk bertransisi secara efektif ke keadaan kewaspadaan kognitif fungsional saat bangun.

Kebanyakan orang membutuhkan jumlah tidur ini untuk menghilangkan zat kimia yang disebut adenosin yang terakumulasi dalam tubuh sepanjang hari dan menyebabkan kantuk di malam hari, sesuatu yang dikenal sebagai tekanan tidur.

#3 Makan sarapan rendah gula tapi kaya karbohidrat kompleks, dan pastikan ada protein dalam jumlah sedang.

Sarapan tinggi karbohidrat, yang mengandung karbohidrat dalam jumlah besar, bukan gula sederhana, dan hanya sedikit protein, dikaitkan dengan individu yang meningkatkan kewaspadaan dengan cepat di pagi hari dan mempertahankan keadaan waspada itu.

Banyak orang berpikir bahwa menjadi morning person adalah genetik. Namun dilaporkan Berkeley News, studi terbaru dari Raphael Vallat dan Matthew Walker (keduanya dari UC Berkeley) dan tim yang dimuat dalam jurnal Nature Communication pada penghujung November 2022 menunjukkan bahwa bangun pagi setiap hari berada di bawah kendali setiap individu.




Jangan Lengah, Ini Tanda Tubuh Kamu Kelebihan Gula

Sebelumnya

Lebih dari Sekadar Menjaga Kesehatan Tulang, Yuk Cari Tahu Manfaat Lain Kalsium

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health