Contoh diet lacto-ovo-vegetarian/Net
Contoh diet lacto-ovo-vegetarian/Net
KOMENTAR

TIDAK bisa dipungkiri, melakukan diet pada usia 40 tahun ke atas biasanya akan terasa lebih sulit untuk dijalani. Sebab, proses dalam metabolisme tubuh pada usia ini akan mengalami penurunan.

Untuk itu, program diet yang disarankan juga akan berbeda dengan program penurunan berat badan untuk usia remaja.

Di bawah ini, ada beberapa rekomendasi program diet yang aman dan sehat, yang bisa dilakukan di usia 40.

Diet rendah karbohidrat

Tujuan utama dari diet ini adalah dengan mendorong tubuh untuk menggunakan lebih banyak lemak daripada karbohidrat sebagai sumber energi utama.

Yang bisa kamu lakukan adalah sarapan dengan kopi hitam tanpa krimer, gula, pemanis, dan susu. Makan siang menggunakan dada ayam panggang dengan baluran mentega atau minyak zaitun.

Untuk makan malam, kamu bisa mencoba ikan cakalang, kembung, atau tongkol seledri, dengan sup sayur, seperti selada, paprika, dan brokoli. Dan camilannya telur rebus atau dadar, wortel atau brokoli rebus, dan yoghurt.

Diet puasa

Untuk seorang pemula, kamu bisa menerapkan diet puasa dengan metode 16/8. Batasi waktu makan kamu dalam periode 8 jam, setelah itu kamu tidak lagi makan selama 8 jam.

Contoh menu diet puasa yang cocok untuk usia 40 tahun adalah minum air putih atau makan puding buah saat berbuka puasa. Pilih ikan atau telur sebagai lauk utama, kentang tumbuk sebagai sumber karbohidrat, lengkapi dengan bayam atau brokoli. Untuk camilan, minum alpukat tanpa pemanis atau susu tinggi kalsium.

Lacto-ovo vegetarian

Diet ini tidak mengonsumsi daging, unggas, dan ikan. Namun diperbolehkan mengonsumsi produk susu dan telur yang kaya akan kalsium.

Berikut contoh menu diet lacto-ovo vegetarian, yaitu sarapan dengan susu sapi murni, telur rebus, dan sayuran rendah karbohidrat (brokoli, kembang kol, atau bayam).

Makan siangnya berupa telur orak-arik dengan kentang tumbuk dan jus alpukat tanpa pemanis atau yoghurt. Makan malam: smoothie susu, cokelat hitam, dan pisang, telur dadar gulung dengan sup sayur bening.

Dan camilan tempe, tahu, kacang-kacangan, yoghurt, dan telur rebus.

Tiga cara diet di atas cukup aman untuk dilakukan oleh usia 40 ke atas. Namun ada baiknya untuk berkonsultasi juga dengan ahli, guna memastikan diet mana yang cocok dilakukan.




IDAI: Terapi Vitamin A untuk Anak dengan Campak, Perhatikan Dosisnya!

Sebelumnya

Anak Stunting Rawan Tertular TBC, Benarkah?

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health