Ilustrasi aneka gaya hijab cantik/@richaiskak
Ilustrasi aneka gaya hijab cantik/@richaiskak
KOMENTAR

HIJAB merupakan pakaian penutup tubuh bagi seorang perempuan Muslim. Secara harfiah, dalam bahasa Arab hijab adalah penghalang.

Di Indonesia, pemakaian hijab biasanya juga dipengaruhi adat dan budaya yang berlaku di satu wilayah. Keanekaragaman budaya yang ada di negara kita membuat gaya hijab menjadi beragam.

Dari sekian banyak gaya hijab yang dikenakan Muslimah Tanah Air, berikut ini tiga di antaranya.

1# Aceh

Provinsi yang menyandang predikat Serambi Mekkah ini menjadikan hijab sebagai pakaian wajib di bagi para perempuan. Mereka wajib mengenakan hijab secara syar’i, dengan potongan longgar dan hijab panjang menutupi dada. Di daerah ini para perempuan juga dilarang menggunakan pakaian ketat dan celana panjang, baik dari bahan jeans maupun bahan lainnya.

2# Sumatra Barat

Sumatra Barat merupakan daerah yang menganut paham Matrilineal. Di daerah ini para perempuan aktif untuk bekerja. Umumnya memiliki mata pencaharian sebagai pebisnis, pedagang, ataupun penjahit.

Untuk memudahkan segala aktivitas mereka, hijab digunakan dengan gaya yang lebih praktis dan mudah serta sederhana. Umumnya para Muslimah di Sumatra Barat menggunakan hijab turban dan pakaian model tunik yang membuat mereka lebih bebas dan dinamis dalam bergerak.

3# DKI Jakarta

Sebagai provinsi sekaligus ibu kota, DKI Jakarta merupakan wilayah metropolitan yang modern. Para perempuan di DKI Jakarta beraktivitas dengan beragam profesi. Selain itu penduduk di DKI Jakarta bersifat heterogen. Umumnya mereka adalah pendatang dari berbagai daerah di wilayah Indonesia. Hal tersebut mempengaruhi gaya berhijab para perempuan di Jakarta dan sekitarnya.

Mereka tampil dengan gaya yang lebih modern dan fashionable. Kombinasi hijab yang digunakan pun beragam, seringkali disesuaikan dengan profesi yang mereka jalani. Untuk karyawati swasta, mereka tampil dengan gaya yang formal, seperti setelan blazer dan hijab yang dililit menutupi leher, yang memberi kesan rapi dan energik.

Kalangan perempuan muda seperti mahasiswi menggunakan celana jeans dan kemeja serta hijab dari kain paris atau voal polos yang memberi kesan casual  dan sporty. Namun ada juga para perempuan yang menggunakan setelah syar’i, gamis longgar panjang dan hijab yang menjuntai panjang menutupi dada.




Indonesian Fashion Modest & Lifestyle: “Romantic Rayya” Bungas X Mayesha by Ida Andriansyah Representasikan Kehangatan Suasana Idul Fitri

Sebelumnya

Indonesian Fashion Modest & Lifestyle: Tampilkan Magnifique of Universality 2023 dalam Rancangan Busana Syar'i

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Fashion