Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

BUNGA lawang atau yang disebut dalam bahasa ilmiah sebagai illicium verum, merupakan salah satu jenis tanaman yang berasal dari China. Tanaman ini dikenal memiliki beragam khasiat yang berguna bagi kesehatan tubuh, salah satunya dapat melawan virus flu.

Tanaman rempah ini memiliki bentuk seperti bunga kering berwarna cokelat dengan 6-8 kelopak, serta memiliki bau yang khas dan kuat, yang sering juga digunakan sebagai bumbu masakan.

Bunga lawang memiliki senyawa bioaktif, seperti flavonoid dan polifenol yang padat. Juga mengandung senyawa linalool, quercetin, anethole, asam shikimat, asam galat, dan limonene. Berbagai senyawa ini membuat bunga lawang bersifat antioksidan, anti-inflamasi, dan antimikroba.

Berikut ini beberapa manfaat dari bunga lawang bagi kesehatan tubuh:

Obat flu

Bunga lawang yang mengandung asam shikimat membuat rempah ini bersifat antivirus, sehingga cocok digunakan sebagai campuran obat untuk melawan virus, salah satunya virus influenza.

Obati infeksi jamur

Seperti dikutip dari K Agriculture, kandungan flavonoid yang terdapat di dalam bunga lawang membuat rempah ini bersifat anti-jamur. Hal ini membuat bunga lawang memiliki manfaat menyembuhkan infeksi jamur.

Menyeimbangkan hormon

Bunga lawang juga memiliki khasiat menyeimbangkan hormon, baik laki-laki maupun perempuan. Pada laki-laki, bunga lawang dapat meningkatkan gairah seksual. Sementara pada perempuan, dapat mengatur siklus menstruasi hingga efek samping dari haid.

Antibiotik

Sejumlah peneltian menunjukkan bahwa ekstrak bunga lawang yang bersifat antibakteri, sehingga kerap digunakan sebagai bahan membuat obat antibiotik. Kandungan senyawa bioaktif di dalamnya bisa digunakan untuk menghambat pertumbuhan bakteri.

Salah satu penelitian menunjukkan bahwa bunga lawang mungkin efektif untuk mengobati infeksi saluran kemih dan mengurangi pertumbuhan bakteri E.coli yang biasa menyerang saluran pencernaan.

Melawan kanker

Hasil penelitian di Malaysia yang diterbitkan di Jurnal Botani Afrika Selatan menyebut, bunga lawang baik untuk payudara. Senyawa trans-anethole memiliki aktivitas anti-tumor yang efektif melawan kanker karsinoma, fibrosarcoma, kanker payudara, dan tumor asites Enrlich.

Meredakan kram perut

Bunga lawang menyehatkan pencernaan, meredakan kram perut, mengurangi kembung dan gas berlebih, hingga menyeimbangkan tingkat mikroba dalam sistem pencernaan untuk memaksimalkan penyerapan nutrisi.

Mengkonsumsi bunga lawang secara rutin dapat terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya.




IDAI: Terapi Vitamin A untuk Anak dengan Campak, Perhatikan Dosisnya!

Sebelumnya

Anak Stunting Rawan Tertular TBC, Benarkah?

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health