Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

BANYAK perempuan yang mengeluh dan bertanya, kenapa badan mereka terasa sakit saat sedang haid. Rasa sakit tersebut bahkan hingga tak tertahankan, membuat tubuh lemas, dan mudah sekali terserang penyakit.

Keluhan tersebut biasanya dibarengi dengan sakit kepala, badan meriang, demam, hingga batuk. Akibatnya, aktivitas sehari-hari terbengkalai, karena pada saat itu yang diinginkan hanyalah berbaring.

Mengutip Mayo Clinic Health System, nyeri pada badan, sakit kepala, tubuh lemas, hingga demam saat menstruasi disebabkan oleh perubahan hormon dalam tubuh, yang membuat tubuh menjadi lemah hingga merasakan sakit yang luar biasa.

Ketika memasuki periode menstruasi, kadar hormon estrogen yang berfungsi mengatur rasa sakit di dalam otak menurun. Hal ini yang kemudian menyebabkan tubuh menjadi semakin lemah, lantaran rendahnya kemampuan otak dalam meredakan rasa sakit.

Sementara itu, menurut pendapat lain mengatakan, saat haid tubuh kita akan melepaskan prostaglandin, yaitu zat kimia yang mengakibatkan kontraksi pada dinding rahim (uterus) ketika mengeluarkan darah selama menstruasi.

Produksi prostaglandin ini biasanya akan meningkat, karena zat ini berfungsi mendorong darah keluar dari rahim yang dapat memicu kram pada perut, diare, mual, muntah, hingga rasa tidak nyaman lainnya yang dirasakan ketika menstruasi datang.

Selain itu, zat ini diyakini memiliki andil penting terhadap naik turunnya suhu tubuh ketika menstruasi, yang menyebabkan kamu menjadi demam atau meriang.

Untuk mengurangi sakit akibat menstruasi, kamu perlu memerhatikan kiat-kiat berikut ini.

1. Makan makanan yang bergizi

2. Konsumsi vitamin untuk membantu mencukupi kebuuthan nutrisi yang hilang, serta membantu memperkuat ketahanan sistem tubuh

3. Istirahat yang cukup untuk mengurangi sakit atau kram perut yang kamu alami

Sakit saat menstruasi memang merupakan hal wajar yang terjadi pada setiap perempuan. Baik nyeri perut, badan seperti tidak bertenaga, bahkan terkadang mual hingga sakit kepala.

Biasanya, hal ini terjadi pada hari pertama menstruasi. Tetapi apabila kondisi ini terus berlanjut, segera hubungi dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih dalam. Karena, sakit pada saat haid yang cukup mengganggu juga menjadi pertanda ada masalah pada kesehatan kamu.




Manfaat Kesehatan Air Lemon untuk Bantu Wujudkan Berat Badan Proporsional

Sebelumnya

8 Langkah Cegah Kerontokan Rambut Saat Puasa

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health