post image
KOMENTAR

INDONESIA kaya dengan beragam jenis tanaman, salah satunya adalah Indigofera. Tanaman ini memiliki nama latin Indigofera Tinctoria yang umumnya tumbuh di daerah tropis.

Berbentuk sejenis perdu yang memiliki daun yang lebat berwarna hijau, berbentuk oval dan bunga  berwarna merah muda keunguan. Indigoferafera dapat memiliki tinggi 1-1,5 meter dan cukup tahan terhadap cuaca yang panas. Di beberapa daerah, tanaman ini dikenal dengan nama tanaman Nila.

Tak hanya cantik dipandang mata, Indigofera juga memiliki beberapa manfaat.

1# Sebagai bahan pewarna

Dalam dunia fesyen, tanaman Indigofera digunakan sebagai bahan pewarna alami. Tanaman ini dapat menghasilkan warna biru. Beberapa jenis motif kain yang menggunakan pewarna Indigofera antara lain kain tenun ikat, shibori, ulos dan batik.

Zat pewarna yang berasal dari tanaman Indigofera relatif lebih aman baik di kulit maupun lingkungan karena tidak mengandung  bahan yang berbahaya. Warna biru yang dihasilkan dapat bervariasi, dari mulai biru kehijauan hingga biru tua. Selain itu warna yang dihasilkan tidak mudah pudar karena dapat meresap ke dalam kain.

2# Pupuk hijau

Tanaman Indigofera merupakan tanaman leguminosa yang dapat bersimbiosis dengan bakteri Rhizobium sp hingga dapat mengikat nitrogen lebih banyak pada tanah. Proses tersebut membuat tanah menjadi lebih subur untuk ditanami.

3# Mengendalikan erosi

Indigofera cocok ditanam di daerah berkontur curam atau miring. Tanaman ini dapat dijadikan penahan tanah agar tidak terjadi erosi.

4# Pakan ternak

Indigofera memiliki kadar protein yang tinggi, yang baik untuk dikonsumsi oleh hewan ternak. Selain mudah dicerna, nutrisi yang diserap akan lebih banyak dibandingkan dengan yang terbuang bersama kotoran.

Kandungan mineralnya juga ideal terhadap kebutuhan ternak dan membantu pertumbuhan ternak agar lebih optimal.

5# Tanaman hias

Di rumah tangga, tanaman ini dapat dijadikan tanaman hias karena tanaman ini memiliki bunga yang unik dengan lengkungan batang yang indah.

6# Obat untuk berbagai masalah kesehatan

Indigofera mengandung senyawa saponin dan flavonoid yang termasuk senyawa yang banyak digunakan untuk obat-obatan. Di antaranya banyak digunakan untuk obat antidemam dan antinyeri, pencahar, hingga diuretik. Selain itu senyawa ini juga dapat membantu meredakan sengatan lebah atau gigitan serangga lainnya.




Mengenal Jenis Investasi, Saham atau Reksadana yang Aman untuk Pemula?

Sebelumnya

Ingin Tidur Nyenyak dan Nyaman, Kenali Jenis Kain yang Cocok untuk Seprai

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Family