KOMENTAR

BROKAT merupakan kain yang banyak digunakan untuk bahan kebaya atau outer. Namun penggunaan bahan kain berjaring tersebut harus dikombinasikan dengan kain pelapis atau furing agar tidak menerawang.

Selain agar untuk melapisis, furing juga memiliki fungsi lain, di antaranya adalah menonjolkan motif dari kain brokat yang digunakan, menyerap keringat, juga meminimalkan gesekan antara kain dan brokat agar bahan awet serta kulit terhindar dari alergi.

Berikut ini adalah beberapa jenis kain yang cocok dijadikan bahan furing.

1# Satin

Kain satin memiliki ciri kain yang lembut, tipis dan mengkilap (glossy), sehingga menampilkan kesan elegan dan mewah. Kain ini umumnya memiliki warna yang terang dan berbahan ringan. Karakternya mirip dengan kain sutra, namun satin terbuat dari material sintetis yang cukup nyaman digunakan.

2# Hero

Bahan furing berikutnya adalah kain hero atau arrow. Kain ini berbahan dasar serat katun, dengan sifat sedikit berbulu, lembut, adem dan menyerap keringat. Dengan karakter tersebut, kain ini sangat nyaman digunakan meskipun cuaca panas. Saat cuaca dingin, kain ini dapat mempertahankan suhu tubuh agar tetap terasa hangat.

3# Sifon (Chiffon)

Sifon termasuk kain yang tipis, ringan, terkesan jatuh dan mudah dibentuk . Umumnya terbuat dari serat sutra, katun, rayon atau polyester. Untuk sifon yang terbuat dari sutra, kain ini termasuk kain furing yang premium.

4# Hyget

Kain hyget terbuat dari campuran material katun (cotton) dan polyester. Karakter kain sedikit mengkilap, tidak mudah kusut dan harganya terjangkau. Kain ini tersedia dalam beberapa warna, dengan ketebalan yang bervariasi. Biasanya yang sering dijadikan sebagai furing kain brokat adalah hyget dengan ketebalan edang. Sayangnya kain ini relatif cukup panas, sehingga hanya cocok bila digunakan sebagai furing kebaya yang digunakan pada ruangan bersuhu dingin.

5# Rayon

Kain ini dibuat dari serat kayu sehingga terasa adem saat digunakan, karena dapat menyerap keringat dan halus saat bersentuhan dengan kulit. Selain itu rayon memiliki karakter yang ringan, sedikit mengkilap dan jatuh, namun tekstur kain ini relatif lebih tebal dibandingkan dengan kain lainnya.




Rekomendasi Makeup Natural untuk Remaja: Saatnya Tampil Cantik Tanpa Berlebihan

Sebelumnya

Indonesia Hadirkan Solusi Perawatan Kecantikan Kulit Tercanggih

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga