Magic mushroom/Net
Magic mushroom/Net
KOMENTAR

BARU-baru ini ada sebuah penelitian yang menyatakan bahwa senyawa psikoaktif bernama psilocybin yang ditemukan dalam magic mushroom atau jamur ajaib, dapat membantu mengurangi gejala depresi.

Hal ini terungkap dari hasilz studi yang diterbitkan New England Journal of Medicine, yang dilakukan secara internasional oleh COMPASS Pathways yang berbasis di London.

Penelitian itu diuji pada 233 pasien yang telah mencoba setidaknya dua obat antidepresan, namun keberhasilannya dinilai sangat kecil. Ketika mereka diberikan psilocybin atau senyawa pada magic mushroom, para penderita depresi itu kembali ke dalam keadaan normal secara signifikan. Jadi, senyawa tersebut dinilai efektif dalam mengurangi gejala depresi.

Peneliti menemukan bahwa senyawa tersebut dapat memiliki manfaat besar bagi mereka yang menderita depresi akut, yang sulit diobati. Sebab, setelah menerima psilocybin, pasien tersebut memasuki keadaan seperti mimpi berjalan selama 4-6 jam, dan kemudian mulai meninggalkan klinik dengan keadaan normal.

Kehebatan Magic Mushroom

Sebenarnya, penelitian tentang kehebatan jamur ajaib untuk mengatasi depresi, sudah ada sejak dulu. Hanya saja, peneliti terus mencari tahu sejauh mana magic mushroom ini berperan aktif dalam mengatasi stres.

Selain mengatasi depresi, rupanya jamur ajaib ini juga cukup efektif untuk mengatasi kondisi berikut ini:

  • Memudahkan seseorang untuk lebih terbuka dan memperbaiki kepribadian. Hal ini diungkap lewat studi berjudul Mystical Experiences Occasioned by the Hallucinogen Psilocybin Lead to Inscreases in the Personality Domain of Opennes dalam Journal of Psychipharmacology (2011).
  • Menangani gangguan stres pascatrauma (PTSD). Dalam International Journal of Neuropsychopharmacology (2020), beberapa tentara Irak menggunakan jamur tersebut untuk membantu mengatasi PTSD yang parah.
  • Mengatasi kecanduan nikotin, alkohol, dan sejenisnya. Penelitian menemukan bahwa jamur ini meningkatkan proses berhenti dari kecanduan rokok. Juga efektif terhadap ketergantungan alkohol dan kokain.
  • Meningkatkan sel otak. Dalam sebuah penelitian (2013) ditemukan bahwa psilocybin dapat membantu pertumbuhan sel-sel otak baru yang mendorong pertumbuhan neuron.

Begitulah manfaat jamur ajaib atau magic mushroom bagi manusia, mulai dari depresi hingga membantu pertumbuhan sel otak.




Jangan Lengah, Ini Tanda Tubuh Kamu Kelebihan Gula

Sebelumnya

Lebih dari Sekadar Menjaga Kesehatan Tulang, Yuk Cari Tahu Manfaat Lain Kalsium

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health