KOMENTAR

IKAN merupakan salah satu sumber protein dan asam lemak tak jenuh yang bermanfaat bagi tubuh kita. Namun karena ikan sering memiliki aroma yang amis pada saat dimasak, membuat kita enggan untuk mengolahnya.

Berikut ini ada beberapa bahan yang dapat membantu mengurangi bau amis pada ikan, antara lain:

1# Cuka

Mencuci ikan dengan menambahkan beberapa tetes cuka dapat membantu menghilangkan aroma amis. Setelah meratakannya, jangan lupa untuk membilasnya sampai bersih agar tidak menghilangkan rasa alami pada ikan.

2# Air Lemon atau Jeruk Nipis

Jeruk lemon atau jeruk nipis dapat membantu menghilangkan amis pada ikan. Cuci ikan terlebih dahulu dengan air sampai bersih. Lalu balurkan air lemon dan jeruk nipis ke ikan yang sudah dibersihkan tersebut, lalu diamkan hingga meresap. Ikan siap dimasak. Jeruk nipis dan lemon akan memberikan aroma yang segar pada ikan sehingga bau amis pun hilang.

3# Jahe

Jahe dapat digunakan untuk menghilangkan aroma amis pada ikan. Tambahkan jahe sebagai bumbu pada ikan. Cukup dimemarkan saja, tidak perlu dihaluskan, agar aroma ikan dapat menjadi sedap.

4# Daun dan Kulit Jeruk Purut

Masukkan daun atau kulit jeruk purut ke dalam ikan yang diolah menjadi gulai atau masakan berkuah lainnya. Hal tersebut akan membuat aroma masakan menjadi wangi dan sedap.

5# Apel

Bahan lain yang dapat digunakan untuk menghilangkan aroma ikan adalah apel. Masukkan irisan apel ke dalam minyak yang digunakan untuk memasak ikan. Bila sudah layu, angkat apel tersebut. Minyak yang beraroma apel tersebut akan menyerap bau amis tanpa mengurangi aroma dasar dari ikan tersebut.

6# Aneka bumbu dapur

Aneka kombinasi bumbu seperti bawang putih, ketumbar, kunyit, garam atau sereh dapat membantu menghilangkan bau amis pada ikan. Kita bisa menghaluskan bumbu-bumbu tersebut lalu membalurkan pada ikan sampai meresap untuk ikan yang akan digoreng atau dapat langsung mengolahnya pada beberapa masakan seperti pesmol atau gulai.




Kembali Beraktivitas Pascalibur Lebaran, Simak Tips Bekerja Efektif dan Lebih Fresh ala POCO

Sebelumnya

Viral Kabar Anak Kecil Dipaksa Orang Tuanya Nonton Film Siksa Kubur di Bioskop, Ini Masukan dari Praktisi Pendidikan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Family