Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

BANYAK yang belum paham kalau rambut keriting butuh penanganan spesial. Bentuknya yang meliuk membuat tipe rambut ini rentan mengalami kering, kusut, dan rapuh.

Mencuci rambut atau keramas, adalah salah satu cara mendapatkan rambut keriting yang sehat dan terawat. Tapi, jangan asal melakukannya, ya. Coba kamu ikuti tips mencuci rambut keriting ini agar hasilnya lebih maksimal dan tidak merusak rambut spesialmu.

1. Cuci Rambut Seminggu Sekali

Salah satu ciri rambut keriting adalah mudah kering. Karena itu, bersihkan minimal seminggu sekali. Jika kamu mengabaikannya, maka produksi minyak alami (sebum) pada rambut akan menumpuk.

2. Urai Sebelum Dicuci

Lantaran mudah kusut dan rontok, sebaiknya urai rambut sebelum mencucinya. Kamu bisa menggunakan sikat anti kusut atau sisir bergigi lebar. Atau bisa juga menggunakan jari-jari.

3. Jangan Gunakan Air Hangat

Jangan gunakan air hangat untuk mencuci rambut. Sebab, air hangat akan menghilangkan minyak alami pada rambut. Kutikula pada helaian rambut juga akan terbuka dan menyebabkan rambut rentan kusut serta mudah patah. Cucilah dengan air dingin untuk menjaga kelembapannya.

4. Pilih Sampo yang Tepat

Pastikan sampo kamu tidak mengandung SLS (sodium laureth sulfate). SLS ini bekerja sebagai sebagai deterjen yang menghilangkan minyak alami.

Pilih sampo yang mengandung minyak kelapa, minyak jojoba, minyak bunga matahari, dan minyak alpukat. Atau pilih sampo lidah buaya, keratin, shea butter, panthenol, dan provitamin.

5. Sesuaikan Takarannya dan Lakukan Pijatan Khusus

Mulailah dengan jumlah yang lebih kecil dan tambahkan lebih banyak jika perlu. Tuang di sekitar kulit kepala dan lakukan pijatan maju mundur, bukan melingkar karena akan membuat rambut keritingmu semakin kusut.

Tuang sampo langsung ke kulit kepala untuk menghilangkan penumpukan sampo dan sebum berlebihan.

6. Gunakan Kondisioner

Aplikasikan kondisioner pada bagian tengah hingga ujung rambut, jangan ke akarnya, ya! Diamkan selama 2-5 menit sebelum dibilas dengan air dingin.

7. Keringkan dengan Handuk Microfiber

Segera keringkan rambut yang basah dengan handuk berbahan microfiber. Handuk seperti itu cepat menyerap air di rambut dan membantu meminimalkan kerusakan.

Jika terburu-buru, kamu bisa menggunakan hair dryer. Tapi sebelumnya, pastikan rambutmu sudah memakai vitamin.

Nah, itulah tips merawat rambut spesialmu. Pastikan semua dilakukan dengan benar agar rambut bersih, berkilau, dan sehat.




Indonesia Hadirkan Solusi Perawatan Kecantikan Kulit Tercanggih

Sebelumnya

Belang pada Kulit Wajah, Atasi dengan 6 Cara Efektif Ini

Berikutnya

KOMENTAR ANDA