KOMENTAR

SETIAP perempuan menginginkan sosok suami dan ayah yang ideal dalam rumah tangganya. Sosok ideal tersebut telah dicontohkan oleh Rasulullah saw. dalam sebuah hadis, “Sebaik-baik kalian adalah orang yang paling baik (dalam bergaul) dengan keluarganya dan aku adalah orang yang paling baik (dalam bergaul) dengan keluargaku.”

Dalam Al-Qur’an telah disebutkan sejumlah sifat yang harus dimiliki seorang suami.

Saleh dan taat beribadah

Suami yang baik dan ideal haruslah bertakwa kepada Allah Swt. Ia harus taat beribadah dan berdoa agar langkahnya selalu dibimbing dan dimudahkan oleh Allah.

“Barang siapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya, dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barang siapa yang bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya . Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan-Nya. Sungguh Allah telah mengadakan ketentuan bagi setiap sesuatu.” (QS At-Talaq: 2-3)

Bertanggung jawab menafkahi keluarga

Menafkahi keluarga adalah kewajiban setiap kepala rumah tangga.

“Laki-laki (suami) itu pelindung bagi perempuan (istri), karena Allah telah melebihkan sebagian mereka (laki-laki) atas sebagian yang lain (perempuan), dan karena mereka (laki-laki) telah memberikan nafkah dari hartanya...” (QS An Nisa:34)

Memperhatikan pendidikan agama dalam keluarga

Seorang kepala rumah tangga harus selalu memperhatikan pendidikan agama dalam keluarga agar tercipta keharmonisan rumah tangga. Tak hanya menjadi contoh dalam menerapkan nilai-nilai Islam dalam keseharian, laki-laki juga harus membimbing dan memotivasi setiap anggota keluarganya agar selalu berada di jalan lurus yang diridhai Allah.

“Wahai orang-orang yang beriman! Peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu, penjaganya malaikat-malaikat yang kasar dan keras, yang tidak durhaka kepada Allah terhadap apa yang Dia perintahkan kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” (QS At Tahrim :6)

Bersikap baik dan sabar terhadap keluarga

Suami yang ideal harusnya bersikap baik, berbicara santun, sabar dan bijak terhadap anggota keluarga.

“Dan bergaullah dengan mereka menurut cara yang patut. Jika kamu tidak menyukai mereka, (maka bersabarlah) karena boleh jadi kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan kebaikan yang banyak padanya.” (QS An- Nisa: 19)

Selalu mendoakan kebaikan keluarga

Seorang suami ideal harus selalu mengusahakan dan mendoakan kebaikan untuk setiap anggota keluarganya.

“Dan orang-orang yang berkata, “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa.””(QS Al Furqan: 74)

Untuk mendapatkan sosok suami ideal dengan sifat-sifat yang dijabarkan dalam Al-Qur’an  memang bukan perkara mudah. Seorang Muslimah hendaknya selalu memohon perlindungan dan pertolongan Allah Swt. agar dipertemukan dengan jodoh yang mampu memberikan kebahagiaan di dunia dan kelak di akhirat.

Dan tentulah, ketika kita berharap mendapat imam terbaik, maka kita (perempuan) juga harus memantaskan diri untuk menjadi hamba Allah yang bertakwa. Dan dengan begitulah akan tercipta sakinah mawaddah wa rahmah seiring perjalanan yang dipenuhi saling melengkapi dan berbenah diri.




Hubbu Syahwat

Sebelumnya

Bukankah Aku Ini Tuhanmu?

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Tadabbur