Bayam dapat menghancurkan radikal bebas yang menyebabkan kanker/Net
Bayam dapat menghancurkan radikal bebas yang menyebabkan kanker/Net
KOMENTAR

KESEHATAN payudara sebaiknya menjadi perhatian khusus para perempuan. Tidak hanya memilih bra yang tepat, menjaga berat badan tetap ideal, dan berolahraga rutin, tapi juga mengonsumsi makanan bergizi.

Mengutip Journal of National Cancer Institute pada 2012, perempuan yang mengonsumsi sayuran hijau berdaun gelap memiliki risiko kanker payudara jauh lebih rendah daripada perempuan yang tidak mengonsumsinya.

Berikut ini beberapa makanan yang direkomendasikan untuk menjaga kesehatan payudara.

Sayuran Hijau Berdaun Gelap

Merujuk laman Lompac Valley Medical Center, ada beberapa sayuran hijau berdaun gelap yang baik untuk menyehatkan payudara, yaitu kangkong, bayam, pakcoy, collard greens, daun mustard, dan daun lobak.

Sayur-sayuran ini dapat menghancurkan radikal bebas yang menyebabkan kanker.

Bawang Putih

Ternyata kaya akan vitamin C dan antioksidan yang baik untuk memproduksi jaringan payudara yang sehat. Bawang putih membantu mengurangi risiko kanker payudara, termasuk apigenin, enterolactone, dan allicin.

Teh Hijau

Mengutip BreastCancer.org, polifenol dalam teh hijau dapat mengurangi risiko kanker payudara dan kanker lainnya. Senyama ini berfungsi sebagai antioksidan alami yang dapat mencegah kerusakan sel yang dapat menyebabkan kanker.

Ikan Berlemak

Ikan berlemak kaya kadar selenium dan omega 3. Ada beberapa pilihan ikan berlemak tinggi yang dijual di pasaran, yaitu salmon, makarel, sarden, hingga tuna sirip biru.

Kunyit

Kunyit mengandung nutraceuticals yang dapat mengurangi peradangan. Kunyit memiliki manfaat yang besar pada kanker payudara, seperti membantu menghentikan penyebaran kanker payudara dan mengurangi kerusakan kemoterapi pada bagian lain dari tubuh.

Biji Rami

Baik dimakan sebagai biji atau minyak, biji rami mengandung omega 3 dan kaya akan antioksidan. Minyak biji rami dapat membantu mencegah pertumbuhan tumor payudara.

Cara mengonsumsinya adalah satu sendok minyak biji rami dioleskan ke dalam roti panggang utuh dengan kayu manis. Atau, ditambahkan ke dalam salad.

Kacang-Kacangan

Misalnya kenari, kacang Brasil, dan kacang tanah, mengandung zat filosterol, bahan alami yang biasanya terdapat pada tumbuh-tumbuhan.

Ini berkaitan dengan reseptor estrogen (memicu beberapa tumor payudara). Jadi, mengonsumsi makanan yang kaya akan filosterol dapat membantu mengatur kada estrogen.

Kacang kenari membantu memperlambat pertumbuhan tumor payudara dan menurunkan risiko kanker payudara. Kacang lentil mampu meredakan peradangan dan dapat menurunkan risiko kanker payudara.

Buah Beri

Bluberi, stroberi, blackberry, dan raspberry, sarat flavonoid dan vitamin C, karena banyaknya fitokimia, seperti cyanidin, kaempferol, dan resveratrol.

Bawang Merah




Manfaat Kesehatan Air Lemon untuk Bantu Wujudkan Berat Badan Proporsional

Sebelumnya

8 Langkah Cegah Kerontokan Rambut Saat Puasa

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health