KOMENTAR

SAWI hijau merupakan sayuran yang banyak dijual baik di pasar tradisional maupun di supermarket. Sayuran ini mudah diolah. Selain ditumis, bisa juga direbus untuk dijadikan pelengkap untuk mi ayam atau bakso. Dengan tekstur yang renyah, sayuran ini juga dikenal dengan nama caisim.

Lalu apa saja yang manfaat sawi hijau bagi kesehatan?

Menjaga kesehatan tulang. Sawi hijau mengandung kalsium yang dapat membantu menjaga kepadatan tulang.  Selain itu sawi hijau juga mengandung vitamin K yang memiliki peran penting dalam pembekuan darah, kesehatan jantung, serta dapat mencegah berbagai penyakit degeneratif tulang, sehingga terhindar dari osteoporosis. Vitamin K juga dapat menjaga kinerja otak agar tetap optimal.

Membantu penyerapan vitamin C. Sawi hijau mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas dan menjaga daya tahan tubuh. Selain mengandung antioksidan, di dalam sawi hijau juga terdapat Glukosinolat yang dapat melindungi sel dari kerusakan DNA dan mencegah pertumbuhan sel kanker

Menjaga kesehatan mata. Kandungan vitamin A yang tinggi pada sawi hijau membantu degenerasi makula mata. Kandungan lutein dan xeaxanthin pada sayuran ini merupakan karetonoid yang berfungsi sebagai antioksidan yang dapat melindungi retina dari kerusakan oksidatif dan menyaring cahaya biru yang berbahaya bagi mata.

Melancarkan pencernaan. Sawi hijau mengandung serat yang tinggi yang dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. Selain itu serat juga dapat memberi rasa kenyang lebih lama, baik untuk dikonsumsi orang yang sedang diet. Sawi hijau juga mengandung senyawa yang dapat mengikat asam empedu untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Menjaga kesehatan kulit. Kandungan antiinflamasi pada sawi hijau dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Antiinflamasi juga dapat membantu meringankan rasa gatal  atau ruam dan mencegah peradangan yang terjadi pada kulit.

Menjaga kesehatan jantung. Sawi hijau mengandung flavonoid dan beta karoten yang merupakan antioksidan yang dapat menjaga kesehatan jantung.

Mendetoksifikasi tubuh. Manfaat lain dari sawi hijau adalah membantu mengeluarkan racun di dalam tubuh. Klorofil yang terdapat di dalam sawi hijau dapat menetralkan logam berat dan bahan kimia lainnya di dalam tubuh.




Kenali Ciri-Ciri Nyamuk Aedes Aegypti yang Jadi Penyebab Demam Berdarah

Sebelumnya

Cara Tepat Merawat Luka Bakar untuk Mencegah Infeksi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health