Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

LANJUT usia (lansia) bukan berarti tidak bisa berbuat apa-apa. Menjadi lansia tetap bisa aktif bergerak meski tidak seperti masa muda dulu. Menjadi lansia sehat tentu sangat diimpikan.

Sangat mungkin lansia memiliki jiwa muda, salah satunya dengan mengikuti Line Dance. Aktivitas yang dikategorikan sebagai senam ii adalah olah tubuh dengan sentuhan koreografi Gerakan tari.

Line dance diadaptasi dari Langkah-langkah dasar berbagai jenis dansa, seperti rumba, salsa, cha-cha, merengue, waltz, hip-hop, dan lainnya.

Dikenal di Amerika Serikat pada 1800-an, peserta line dance akan menari mengikuti iringan musik country. Di Indonesia, line dance hadir pada 2008 oleh The Universal Line Dance.

Karena di Indonesia banyak terdapat musik tradisional, seperti Betawi, Sumatera Barat, hingga Maluku, maka line dance sangat cocok dikombinasikan denga lagu daerah.

Gerakan dasar line dance bisa dibilang sama dengan tari Poco-Poco. Senam ini bisa dilakukan sendiri atau berkelompok.

Ketua peneliti dari German Centre for Neurodegenerative Diseases in Magdeburg di Jerman Kathrin Rehfel mengatakan, dansa dan olah tubuh akan membuat jiwa dan pikiran menjadi muda, terutama untuk pada lansia.

Sebab, akan ada perubahan perilaku yang nyata dalam hal keseimbangan yang lebih baik. Area hippocampus dalam otak yang berfungsi sebagai memori, belajar, dan keseimbangan yang ikut menyusut seiring bertambahnya usia, bisa diperbaiki.

Berdansa dan olahraga merupakan kegiatan paling cocok untuk membantu mengurangi penyusutan area otak tersebut. Menari atau senam, membentuk mental untuk terus mengingat setiap gerakan.

Manfaat lain dari line dance adalah:

  • Mampu meningkatkan refleks, keseimbangan, dan kekuatan tubuh bagian bawah, serta melatih kardio (jantung).
  • Menjaga kepadatan tulang atau mampu mencegah osteoporosis.
  • Meningkatkan keseimbangan tubuh.
  • Mengencangkan otot pinggul.
  • Meningkatkan rasa percaya diri, serta sarana sosial dan pergaulan.

Imbangi dengan melakukan olahraga ringan, seperti jalan santai atau renang, untuk menjaga kebugaran tubuh.




Manfaat Kesehatan Air Lemon untuk Bantu Wujudkan Berat Badan Proporsional

Sebelumnya

8 Langkah Cegah Kerontokan Rambut Saat Puasa

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health