KOMENTAR

USIA balita merupakan masa yang sangat kritis untuk tumbuh kembang seorang anak. Pada usia tersebut, anak balita sangat senang bereksplorasi dan mencoba pengalaman baru yang membuatnya aktif bergerak. 

Karena itulah untuk mendapatkan proses tumbuh kembang yang maksimal, orangtua wajib mendukung dan memperhatikan kegiatan anak sehari-hari. Selain memberikan gizi yang cukup, orangtua dapat mengajak anak melakukan kegiatan yang dapat membuat si kecil leluasa bermain dan bergerak.

Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan untuk mendukung tumbuh kembang anak adalah bermain bola. Bagi anak-anak, bermain bola menjadi sebuah aktivitas yang mengasyikkan.

Tapi ternyata, bermain bola bukan hanya sebuah permainan yang mengasyikkan. Ada sejumlah manfaat yang dapat diperoleh dengan melatih balita bermain bola.

Apa saja manfaatnya?

1# Menanamkan kebiasaan berolahraga

Anak balita akan ingat hal-hal yang diajarkan dan dibiasakan oleh orangtuanya sejak kecil dan hal tersebut akan terbawa hingga dewasa. Karena itulah sangat baik bagi kita mengajarkan kebiasaan berolah raga sedini mungkin. Bermain bola dapat menjadi hal yang seru bagi si kecil dan ia pun suka bergerak dan berolahraga dengan gembira.

2# Berjemur di bawah sinar matahari pagi

Latihan bermain bola yang dilakukan pada pagi hari di ruang terbuka dapat membuat anak terpapar sinar matahari pagi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Namun jangan lupa setelah main bola berikan anak minum air putih suhu ruang untuk mengganti cairan yang keluar pada saat anak beraktifitas di luar rumah.

3# Melatih kemampuan motorik

Bermain bola dapat melatih kemampuan motorik anak. Dalam permainan bola, seluruh anggota tubuh dapat digunakan mulai dari tangan hingga kaki, sehingga fungsi alat gerak anak dapat digunakan secara optimal.

Selain melatih ketangkasan, permainan ini juga dapat digunakan untuk mengembangkan intuisi serta strategi yang membutuhkan koordinasi antara otak dan gerakan yang akan bermanfaat bagi pola pikir dan kehidupannya kelak.

4# Melatih karakter positif

Permainan bola membutuhkan kesabaran, ketangguhan, serta sikap pantang menyerah. Hal tersebut tentu akan dapat membentuk karakter positif pada anak.

5# Meningkatkan keterampilan sosial

Bola merupakan permainan yang dapat dilakukan bersama-sama. Dalam permainan tersebut dibutuhkan sikap sportif, setia kawan, dan kemampuan bekerja sama dengan orang lain agar permainan dapat berjalan dengan baik. Karena itulah bermain bola juga sangat baik untuk mengembangkan kemampuan anak dalam bersosialisasi.




Seringkali Diabaikan dan Tidak Dianggap, Waspadai Dampak Depresi pada Anak Laki-Laki

Sebelumnya

Anak Remaja Mulai Menjauhi Orang Tua, Kenali dan Pahami Dulu Alasannya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Parenting