post image
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

HERNIA tidak pandang bulu, penyakit ini bisa menyerang laki-laki dan wanita. Bahkan, gangguan kesehatan tersebut bisa tumbuh lebih besar dan memicu komplikasi.

Sebenarnya hernia tidak dapat benar-benar dicegah, tapi risikonya dapat diturunkan melalui penerapa pola hidup sehat. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan berserat tinggi.

Konsumsi makanan berserat tinggi bisa menghindari sembelit, yang cenderyng menyebabkan seseorang sulit buang air besar dan harus mengejan, sehingga memicu terjadinya hernia.

Ada beberapa faktor umum yang memicu terjadinya hernia, yaitu lahir prematur, penuaan, mengalami tekanan pada perut yang berulang akibat kondisi kesehatan tertentu (batuk kronis).

Pengidap fibrosis kistik, yaitu gangguan kesehatan yang dipicu oleh factor keturunan, yang bisa merusak paru-paru dan sistem pencernaan. Kebiasaan merokok juga menyebabkan lemahnya jaringan ikat pada tubuh.

Lalu, apa yang bisa dilakukan untuk mencegah hernia?

Hentikan Kebiasaan Merokok

Tidak hanya merusak paru-paru, kebiasaan merokok juga memicu terjadinya hernia. Merokok bisa menyebabkan batuk kronis, yang kemudian memberikan tekanan ekstra pada perut.

Jadi, buat kamu perokok, lalu memiliki faktor genetis atau ada riwayat keluarga yang mengidap hernia, segera hentikan kebiasaan tersebut.

Pertahankan Berat Badan Ideal

Obesitas dapat membuat dinding perut tertekan akibat adanya lemak ekstra yang memberi kekuatan pada bagian tengah tubuh. Oleh sebab itu, penting untuk selalu menjaga berat badan agar tetap ideal.

Konsumsi Makanan Berserat Tinggi

Makanan berserat tinggi mampu baik untuk pencernaan, melancarkan buang air besar, dan mencegah sembilit yang menjadi salah satu pemicu hernia. Dengan begitu, mengonsumsi makanan tinggi serat serat tinggi ssperti buah-buahan, sayuran, hingga kacang-kacangan, penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan melancarkan pencernaan.

Segera Atasi Batuk Kronis

Batuk kronis dapat meningkatkan risiko terjadinya hernis. Jika kamu mengidap batuk kronis yang dipicu oleh kondisi tertentu, seperti asma atau infeksi, penting untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Tujuannya, agar batuk kronis segera diredakan melalui pengobatan yang sesuai dengan menyebab yang mendasarinya.

Jadi, meskipun hernia benar-benar tidak dapat dicegah, setidaknya kamu bisa mulai hidup sehat dengan berhenti merokok, berolahraga untuk mempertahankan berat badan ideal, serta mengonsumsi makanan berserat tinggi.




Apa Benar Makanan Kekinian Jadi Penyebab Utama Kanker Payudara pada Remaja?

Sebelumnya

Tidak Hanya Kanker Payudara, 8 Jenis Kanker Ini Bisa Serang Usia 20

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health